MANAJEMEN KURIKULUM LEMBAGA BAHTSUL MASA’IL (LBM) TINGKAT IBTIDA’IYAH PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KURIKULUM LEMBAGA BAHTSUL MASA’IL (LBM) TINGKAT IBTIDA’IYAH PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Kidup Supriyadi, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.author Imam Jamasari
dc.contributor.editor Imam Jamasari
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:04Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:04Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.8.1.3.0041
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/IuSakQBWOAuWJdpJX3fRa7u90tIY7Oo.pdf
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/765
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Madrasah, Ibtida’iyah Referensi :
dc.description.abstract Imam Jamasari “Manajemen Kurikulum Lembaga Bahtsul Masa’il (LBM) Tingkat Ibtida’iyah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri”. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, implementasi kurikulum, dan Evaluasi kurikulum LBM Tingkat Ibtida’iyah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dengan deskriptif analitis, yaitu dengan mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Permasalahan yang dibahas, meliputi fungsi kegiatan manajemen LBM Tingkat Ibtida’iyah, yang meliputi perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, implementasi kurikulum dan Evaluasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, implementasi kurikulum dan Evaluasi kurikulum di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dinilai baik. Perencanaan Kurikulum dilakukan dengan mendesain Program Kurikulum jangka panjang, program kurikulum Jangka Menengah, Program kurikulum Jangka Pendek, maupun program kurikulum Tahunan. Pengorganisasian kurikulum dilakukan dengan pendekatan Top-Down, Pengelompokan siswa dengan berdasarkan integritas (kesamaan Jenis kelamin), sedangkan pengelompokan guru menjadi guru wali kelas, guru mata pelajaran, guru pendamping, dan guru pengganti dibuat berdasarkan kompetensi pendidikan masing-masing. Implementasi kurikulum dilakukan berdasarkan kalender pendidikan yang telah didesain setiap tahun oleh waka kurikulum, yang meliputi kegiatan guru, kegiatan siswa maupun kegiatan bidang kurikulum lainnya secara umum. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan melakukan supervisi terhadap guru dan melaksanakan penilaian belajar siswa sesuai dengan jadwal dalam kalender Pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Kurikulum, Madrasah, Ibtida’iyah
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM LEMBAGA BAHTSUL MASA’IL (LBM) TINGKAT IBTIDA’IYAH PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803604991_TESIS (Repaired)-dikompresi.pdf 956.5Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1672803606287_Power Poin Tesis.pptx 104.9Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis MANAJEMEN KURIKULUM LEMBAGA BAHTSUL MASA’IL (LBM) TINGKAT IBTIDA’IYAH PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya