MANAJEMEN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI TK KEMALA BHAYANGKARI 34 KUNINGAN

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI TK KEMALA BHAYANGKARI 34 KUNINGAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI TK KEMALA BHAYANGKARI 34 KUNINGAN
Penulis: YANI SURYANI
Abstrak: Yani Suryani. NIM. 2019.8.1.4.0076 “Manajemen Program Holistik Integrtaif Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Tk Kemala Bhayangkari 34 Kuningan “. Holistik integratif adalah pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. Holistik integratif tidak hanya mempelajari satu bidang pendidikan saja, tetapi juga pelajaran yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan untuk anak. Karakter akan terbentuk dengan kegiatan yang di terima baik itu dilihat atau ditiru (keluarga atau lingkungan) sehingga akan terbentuk sebuah karakter baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program holistik integratif dalam pembentukan karakter tanggung jawab di Tk Kemala Bhayngkari 34 Kuningan dalam aspek manajerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data menggunakan teknik sumpling purposive meliputi kepala Tk,pengurus yayasan dan guru. Instrumen penelitiannya peneliti dengan pengumpulan data Interview, observasi ,studi dokumentasi dan triangulasi data.Adapun analisis data dilakukan dengan pengumpulan data,reduksi data, display data. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas, depenabilitas. Manajemen program holistik integratif dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan menganalisis landasan,tujuan program,strategi, ,relevansi dengan visi dan misi,kendala dan anggaran. Pengorganisasian program holistik integratif dilakukan meliputi penetapan waktu dan pembagian job description para penanggung jawab, koordinasi mekanisme kerja.Pelaksanaan program holistik integratif meliputi pelayanan pendidikan,kesehatan,keselamatan, pengasuhan dan kesejahteraan. Pengawasan dilakukan oleh ketua pengelola,kepala sekolah dan komite sekolah secara berkala tiap 2 bulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan dengan program holistik integratif bertujuan untuk mencetak anak bangsa yang mempunyai karakter tanggung jawab sedini mungkin .
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: manajemen,program holistik - integrtaif karakter. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1iv6r2kmvYimkhHToEn2pTiWBiatcdhhq
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/759
Tanggal: 2021-12-16


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya