MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA PERILAKU RELIGIUS DI TK IT DARUL AMANAH KABUPATEN KUNINGAN

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA PERILAKU RELIGIUS DI TK IT DARUL AMANAH KABUPATEN KUNINGAN

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.advisor Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd.
dc.contributor.author PIPIH NAFILAH MUNAWAROH
dc.contributor.editor PIPIH NAFILAH MUNAWAROH
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:55Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:55Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-12-16
dc.identifier 2019.8.1.4.0077
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Qckd3UZxtdFr2hKVXIVlSzvfLoD4vOln
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/757
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Karakter, Religius Referensi :
dc.description.abstract Pendidikan karakter dalam membina perilaku religius di TKIT Darul Amanah Kuningan. merupakan proses pembelajaran yang didesain agar peserta didik memiliki jiwa religius, jiwa yang religius merupakan sikap dan prilaku yang patuh dalam beribadah, toleran kepada penganut agama lainnya dan mampu hidup rukun. Masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan di TKIT Darul Amanah Kuningan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus, yaitu dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu dalam suatu waktu dan kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan meliputi menentukan tujuan pendidikan, kebijakan pendidikan, sistem pendidikan, strategi pendidikan, program pendidikan, prosedur pendidikan, metode pendidikan, standar keberhasilan dari pendidikan, dan anggaran pendidikan. Pengorganisasian dilakukan dalam tahapan perencanaan, meliputi struktur pendidikan, desain struktur pendidikan, kewenangan para penanggung jawab pendidikan yang merupakan bagian dari pengorganisasian, aktifitas pendidikan, interaksi pendidikan, kordinasi pendidikan, dan tugas pendidikan. Pelaksanaannya merupakan sebuah satu kesatuan yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan antara membimbing anak, mengarahkan anak dan mengatur proses pendidikan karakter dalam membina perilaku religius. Evaluasi berfungsi sebagai kontrol terhadap seluruh proses pendidikan, untuk melakukan perbaikan selama proses pendidikan berlangsung, untuk mengetahui apakah terjadi penyimpangan, serta menilai capaian nilai karakter. Peneliti merekomedasikan kepada Kepala dan tim pengembang kurikulum TKIT Darul Amanah Kuningan untuk mendokumentasikan secara rinci setiap fungsi dari manajemen pendidikan karakter religius serta memperbanyak gambar dan simbol karakter religius yang dipasang di kelas dan di lingkungan sekolah untuk lebih memperkuat ingatan anak tentang karakter religius yang diharapkan dicapai.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Karakter, Religius
dc.title MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA PERILAKU RELIGIUS DI TK IT DARUL AMANAH KABUPATEN KUNINGAN
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803595308_PPT SIDANG TESIS_PIPIH.pptx 596.1Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA PERILAKU RELIGIUS DI TK IT DARUL AMANAH KABUPATEN KUNINGAN

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya