MANAJEMEN KURIKULUM ISLAM TERPADU DI SMP IT AL MULTAZAM KUNINGAN

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KURIKULUM ISLAM TERPADU DI SMP IT AL MULTAZAM KUNINGAN

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Amirudin, M.M.
dc.contributor.advisor Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.author Aeni Rahmawati
dc.contributor.editor Aeni Rahmawati
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:52Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:52Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.8.1.3.0062
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1C5PGzgFwea2gY1bXARhJb7nKl4up6BnK
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/753
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: manajemen, kurikulum, islam, terpadu Referensi :
dc.description.abstract Aeni Rahmawati NIM. 2018.8.1.3.0062 “Manajemen Kurikulum Islam Terpadu di SMP IT Al Multazam Kuningan” Kurikulum Islam Terpadu hadir sebagai solusi dari keresahan sebagian masyarakat yang menginginkan adanya sebuah institusi pendidikan Islam yang berkomitmen mengamalkan nilai-nilai Islam dalam sistemnya, dan bertujuan agar peserta didik mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu kauniyah dengan ilmu qauliyah, antara fikriyah, Ruhiyyah dan Jasadiyyah. Penelitian tentang manajemen kurikulum Islam Terpadu merupakan fokus penelitian yang belum banyak diteliti karena belum banyak Sekolah Islam Terpadu menerapkan manajemen kurikulum secara sistemik dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji SMP IT Al Multazam Kuningan pada aspek manajerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, Litbang dan Komite Sekolah. Instrumen penelitiannya berupa pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan di antaranya dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verfication (kesimpulan). Keabsahan data dilakukan melalui keterpercayaan (credibility); keteralihan (transferability); keterandalan (dependability) dan konfirmabilitas (confirmability). Manajemen kurikulum Islam Terpadu di SMP IT Al Multazam Kuningan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), kemudian pihak sekolah, pondok pesantren, dan yayasan menetapkan tujuan kurikulum, menganalisis kebutuhan sekolah dan aspirasi masyarakat, mengkaji faktor pendukung, tantangan serta solusinya. Pengorganisasian dimulai dari penetapan struktur organisasi, penetapan jumlah siswa yang disesuaikan dengan SDM tenaga pengajar, pengelompokkan jenis kegiatan, dukungan SDM tenaga pendidik dan kependidikan dan sarana prasarana yang diperlukan. Pelaksanaan mulai dilakukan oleh kepala sekolah dengan berupaya menggerakkan semua komponen untuk melaksanakan kurikulum Islam Terpadu sesuai perencanaan. Pengawasan dilakukan oleh pihak pondok pesantren yang membawahi SMPIT Al Multazam dengan mencocokkan program yang telah digariskan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Evaluasi Kurikulum Islam Terpadu di SMP IT Al Multazam Kuningan berupa ulangan tengah semester dan ulangan semester, sedangkan evaluasi tingkat kelas berupa pretest, postest, ulangan harian dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum Islam Terpadu di SMP IT Al Multazam Kuningan berjalan secara sistemik dan sistematis.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Kata Kunci: manajemen, kurikulum, islam, terpadu
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM ISLAM TERPADU DI SMP IT AL MULTAZAM KUNINGAN
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya