PROGRAM PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENGUATAN PRESTASI DAN MOTIVASI KERJA GURU
DI MA TUNAS PERTIWI CIREBON
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.author |
MOHAMAD ROHMAT |
|
| dc.contributor.editor |
MOHAMAD ROHMAT |
|
| dc.date.accessioned |
2023-01-04T03:39:50Z |
|
| dc.date.available |
2023-01-04T03:39:50Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.identifier |
2019.8.1.4.0170 |
|
| dc.identifier.uri |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1fJg0Ur2zpobRaJv9tUW5vIE_WPxrMs5A |
|
| dc.identifier.uri |
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/752 |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
Program, Pengembangan, Pendidik.
Referensi : |
|
| dc.description.abstract |
ABSTRAK Mohamad Rohmat. NIM. 2019.8.1.4.0170 “Program Pengembangan Tenaga Pendidik Dalam Penguatan Prestasi dan Motivasi di MA Tunas Pertiwi Cirebon”. Sumber daya manusia dalam dunia Pendidikan sangat penting dan menjadi hal utama yang harus mendapat perhatian serius dari semua pemangku kepentingan (stake holder). Untuk mendapatkan pencapaian yang baik, maka sumber daya manusia harus ditingkatkan, khususnya tenaga pendidik. Dikarenakan pentingnya keberadaan tenaga pendidik, maka pengembangan sumber daya manusia perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek pengembangan tenaga pendidik yang ada di MA Tunas Pertiwi Cirebon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data meliputi kepala MA, wakil kepala bagian kurikulum dan beberapa tenaga pendidik. Instrument penelitian menggunakan observasi, wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara analisis data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi (conclution and verification). Keabsahan data yang digunakan adalah kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Program pengembangan tenaga pendidik dilaksanakan berdasarkan beberapa aspek yang meliputi penilaian kinerja guru, prestasi kerja guru, Pendidikan dan pelatihan, mutase dan demosi serta motivasi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas. Pelaksanaan PKG melibatkan unsur-unsur pengelolaan sekolah, penilaian dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun. Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah atau wakil kepala atau guru senior pengawas yang kompeten yang sudah mengikuti pelatihan penilaian dan memperoleh sertifikat. Penilaian prestasi kerj dinilai langsung oleh kepala MA dengan unsur penilaian sasaran kerja pegawai dengan bobot 60% dan perilaku kerja dengan bobot 40%. Pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh tenaga pendidik meliputi diklat teknis berbasis kompetensi, diklat berjenjang, pelatihan/kursus singkat, pembinaan internal sekolah. Mutasi promosi disekolah ini saling berkesinambungan satu sama lain, sedangkan demosi tidak pernah terjadi dikarenakan tenaga pendidik memiliki integritas dan kompetensinya masing-masing. Motivasi pada tenaga pendidik dipengaruhi oleh promosi dan kompensasi sehingga adanya motivasi akan berujung pada memberikan pelayanan sebagai tenaga pendidik yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa program pengembangan tenaga pendidik berkontribusi pada kompetensi yang dimiliki tenaga pendidik. Kata Kunci: Program, Pengembangan, Pendidik. |
|
| dc.publisher |
Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
|
| dc.subject |
Program, Pengembangan, Pendidik. |
|
| dc.title |
PROGRAM PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENGUATAN PRESTASI DAN MOTIVASI KERJA GURU
DI MA TUNAS PERTIWI CIREBON |
|
| dc.type |
Thesis S2 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana