MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH DARUSSALAM KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH DARUSSALAM KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author MAYASAROH
dc.contributor.editor MAYASAROH
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:45Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:45Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2019.8.1.4.0179
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1TSD4coQecSGm_UAWFYNt-B1mJhcbm5gy
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/745
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Manajemen, Rekrutmen Peserta Didik Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Mayasaroh. NIM. 2019.8.1.4.0179 .Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Baru dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik di MTs Islamiyah Darussalam Kabupaten Cirebon. Tesis Program Strata 2 (S2) Pasca Sarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Akhir-akhir ini berkembang kenyataan bahwasannya sekolah-sekolah berlomba agar penerimaan peserta didik baru pada tahun tersebut terjaring sebanyak mungkin peserta didik baru, sesuai dengan pagu yang sudah ditetapkan sebagai kemampuan daya tampungnya tanpa melakukan pengelolaan yang memadai bahkan mungkin keluar dari standar yang telah ditetapkan. Tidak memadainya pengelolaan tersebut merupakan titik tolak dari kurang profesionalnya pelaksanaan perencanaan rekrutmen peserta didik baru, pengorganisasian rekrutmen peserta didik baru, pelaksanaannya sampai kepada monitoring dan evaluasi serta pelaporan dari rekrutmen peserta didik baru tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data deskripsi rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan, dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perencanaan rekruitmen peserta didik baru; 2) Bagaimana pengorganisasian peserta didik baru; 3) Bagaimana pelaksanaan rekrutmen peserta didik baru; dan 4) Bagaimana pengawasan/evaluasi rekrutmen peserta didik baru. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode penulisan Study Kasus, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya (1) Perencanaan dilaksanakan setiap menjelang tahun ajaran baru, hal yang direncanakan meliputi pembentukan panitia, menyusun petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dan menentukan daya tampung setiap sekolah. (2) Pengorganisasian penerimaan peserta didik baru berkaitan dengan pembentukan panitia Penereimaan Peserta Didik Baru beserta tugas pokok dan fungsi masing-masing panitia. (3) Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru mengikuti arahan petunjuk alur pendaftaran yang ditetapkan oleh pihak dinas. (4) Evaluasi dilaksanakan pihak dinas setelah pelaporan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru dari pihak sekolah memuat rencana siswa yang diterima/daya tampung tiap sekolah, jumlah pendaftar dan siswa yang diterima.  
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Kata Kunci: Manajemen, Rekrutmen Peserta Didik
dc.title MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH DARUSSALAM KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya