MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.author |
Tatang Noor Saifullah |
|
| dc.contributor.editor |
Tatang Noor Saifullah |
|
| dc.date.accessioned |
2023-01-04T03:39:39Z |
|
| dc.date.available |
2023-01-04T03:39:39Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.identifier |
2019.8.1.4.0164 |
|
| dc.identifier.uri |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1GfFp8f3mYglHUzqclGSBV1WiDgOkRUw_ |
|
| dc.identifier.uri |
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/742 |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
Manajemen, Pendidikan Karakter dan Karakter Religius
Referensi : |
|
| dc.description.abstract |
ABSTRAK Tatang Noor Saifullah NIM, 2019.8.1.4.0164 “Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon” Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu dilakukan demi terwujudnya pribadi masyarakat yang berakhlaq mulia karena akhlaq mulia merupakan tujuan akhir dari suatu pendidikan. Budaya atau jultur yang ada di lembaga pendidikan berperan penting dalam membangun akhlaq peserta didik khususnya budaya religius yang terdapat di sekolah. Karena itu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendidikan karakter bagi peserta didik. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) langkah-langkah sekolah dalam mengembangkan program pendidikan karakterreligius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (2) pengorganisasian sekolah dalam mengembangkan program pendidikan karakterreligius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (3) pelaksanaanmengembangkan programpendidikan karakter religiusdi SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (4) Solusi dalam mengatasi hambatan mengembangkan programpendidikan karakterreligiusdi SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kamauan, dan tindakan untuk nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter pada hakekatnya ingin membentuk individu menjadi seorang pribadi bermoral yang dapat menghayati kebebasan dan tanggung jawabnya, dalam ralasinya dengan orang lain dan dunianya dalam komunitas pendidikan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Pengumpulan dan dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dan Tri angulasi Data Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilakukan dengan menetapkan standar karakter siswa, membangun kegiatan keagamaan, dan menyediakan fasilitas pendukung, menetapkan standar kompetensi lulusan, dan membagi penanggung jawab tarbiyah bagi setiap siswa (2) Pelaksanaan pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilaksanakan dengan mengintegrasikan standar karakter yang ada ke dalam program keagamaan harian meingguan dan bulanan (3) Evaluasi pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilaksanakan dengan melakukan pengawasan dan pemantauan secara berkala, membuat absensi kegiatan keagamaan dan mengadakan laporan bulanan. Kata Kunci : |
|
| dc.publisher |
Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
|
| dc.subject |
Manajemen, Pendidikan Karakter dan Karakter Religius |
|
| dc.title |
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON |
|
| dc.type |
Thesis S2 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana