MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author Tatang Noor Saifullah
dc.contributor.editor Tatang Noor Saifullah
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:39Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:39Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2019.8.1.4.0164
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1GfFp8f3mYglHUzqclGSBV1WiDgOkRUw_
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/742
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter dan Karakter Religius Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Tatang Noor Saifullah NIM, 2019.8.1.4.0164 “Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon” Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu dilakukan demi terwujudnya pribadi masyarakat yang berakhlaq mulia karena akhlaq mulia merupakan tujuan akhir dari suatu pendidikan. Budaya atau jultur yang ada di lembaga pendidikan berperan penting dalam membangun akhlaq peserta didik khususnya budaya religius yang terdapat di sekolah. Karena itu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendidikan karakter bagi peserta didik. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) langkah-langkah sekolah dalam mengembangkan program pendidikan karakterreligius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (2) pengorganisasian sekolah dalam mengembangkan program pendidikan karakterreligius di SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (3) pelaksanaanmengembangkan programpendidikan karakter religiusdi SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. (4) Solusi dalam mengatasi hambatan mengembangkan programpendidikan karakterreligiusdi SDIT Al Hikmah 187 Kota Cirebon. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kamauan, dan tindakan untuk nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter pada hakekatnya ingin membentuk individu menjadi seorang pribadi bermoral yang dapat menghayati kebebasan dan tanggung jawabnya, dalam ralasinya dengan orang lain dan dunianya dalam komunitas pendidikan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Pengumpulan dan dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dan Tri angulasi Data Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilakukan dengan menetapkan standar karakter siswa, membangun kegiatan keagamaan, dan menyediakan fasilitas pendukung, menetapkan standar kompetensi lulusan, dan membagi penanggung jawab tarbiyah bagi setiap siswa (2) Pelaksanaan pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilaksanakan dengan mengintegrasikan standar karakter yang ada ke dalam program keagamaan harian meingguan dan bulanan (3) Evaluasi pendidikan karakter religius di SDIT Al Hikmah 187 Cirebon dilaksanakan dengan melakukan pengawasan dan pemantauan secara berkala, membuat absensi kegiatan keagamaan dan mengadakan laporan bulanan. Kata Kunci :
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Pendidikan Karakter dan Karakter Religius
dc.title MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803579595_cover jpg.jpg 323.6Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON
1672803581091_P ... Tatang Noor Saifullah.pptx 136.7Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT AL HIKMAH 187 KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya