MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP PLUS YAKPI SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP PLUS YAKPI SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Saefuddaulah Mehir, M.M.
dc.contributor.advisor Dr. Heru Cahyono, M.E.Sy
dc.contributor.author MUHAMAD DAWUD
dc.contributor.editor MUHAMAD DAWUD
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Saefuddaulah, M. Pd
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:27Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:27Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-06-23
dc.identifier 2019.8.1.4.0157
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1qAQNATzx8dgRmUSoQLxI3Ez16OKoIfdg
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/739
dc.description Kata Kunci : manajemen sarana dan prasarana; mutu pembelajaran Referensi :
dc.description.abstract Muhamad Dawud. NIM 2019.8.1.4.0157. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Plus Yakpi Susukan”. Penelitian ini berorientasi menelaah mekanisme manajemen sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di satuan pendidikan SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon. Analisis manajemen sarana dan prasarana meliputi perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif berusaha menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat terhadap data primer dan sekunder yang telah diperoleh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengikuti kaidah atau pedoman dengan menyusun kriteria pengamatan, pertanyaan, dan perekaman. Selanjutnya lembar pengamatan, pertanyaan dan perekaman tersebut dikatakan sebagai instrumen penelitian untuk memperoleh data yang baik. Penelitian ini ditempuh selama kurang lebih delapan bulan mulai dari pemerolehan data sampai dengan penulisan. Hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa perencanaan sarana dan prasarana dilakukan dengan baik, dibuktikan dengan adanya agenda rapat dengan tim pengembang sekolah. Pengorganisasian sarana dan prasarana juga sudah tepat dengan adanya inventarisasi, penyimpanan dan pemeliharaan. Pengadaan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran juga diputuskan oleh kepala sekolah yang berkoordinasi dengan bendahara. Evaluasi sarana dan prasarana dilakukan dengan cara monitoring dan pelaporan secara berkala mulai dari mingguan, bulanan, dan tahunan. Berdasarkan hal tersebut dengan adanya manajemen konsep manajemen sarana dan prasarana yang tepat SMP Plus Yakpi Susukan Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Kata Kunci: manajemen sarana dan prasarana; mutu pembelajaran
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject manajemen sarana dan prasarana; mutu pembelajaran
dc.title MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP PLUS YAKPI SUSUKAN KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya