PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: Sri Ratna Dewi
Abstrak: Sri Ratna Dewi NIM. 20198.8.4.0113 “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon”. Kepala sekolah sebagai manajerial mengarahkan semua sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini adalah memberdayakan guru untuk mencapai kinerja secara maksimal. Berdasarkan pengamatan penelitian terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon masih rendah dan perlua ada peningkatan . Tujuan penelitian ini ingin memperoleh dan menganalisis data tentang : (1). Untuk mengetahui Hubungan Antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan kompetensi Pedagogik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon (2). Untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon (3) Untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. (4). Untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi pedagogik terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Cirebon. Adapun Metode yang digunakan adalah dengan metode Ex Pos Facto dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi tenaga pendidik adalah 223 orang dan menggunakan simple random sampling sejumlah 69 orang. Teknik Pengumpulan data yang utama digunakan adalah Angket Hasil penelitian ini menunjukan (1) hubungan antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah (X1) dengan Kompetensi Pedagogik (X2). Koefisien korelasinya sebesar 0,478 dengan nilai Sig. 0,000 (0,05) yang berarti terdapat korelasi secara signifikan antara Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik dengan kategori hubungan yang positif. (2) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru positif yaitu sebesar 19,1% dan sisanya sebesar 80,9% dipengaruhi faktor lain. (3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru positif yaitu sebesar 24,5% dan sisanya sebesar 75,5% dipengaruhi faktor lain. (4) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru positif yaitu sebesar 31,8% dan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kinerja guru akan menjadi optimal bilamana di intergasikan dengan kompetensi Manajerial Kepala Sekolah yang baik dan Kompetensi Pedagogik yang baik pula.
Deskripsi: Kata Kunci : Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru Referensi : Azhar Arsyad. (2020). Media Pembelajaran. Raja Grafindo.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1h9dbKvfwQJNTHEflIrr1aq2NvRlfWAYT
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/730
Tanggal: 2022-06-22


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya