MANAJEMEN PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI TUTOR SEBAYA TERHADAP PROGRAM UNGGULAN SMP IT PESANTREN QURAN KAYUWALANG KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI TUTOR SEBAYA TERHADAP PROGRAM UNGGULAN SMP IT PESANTREN QURAN KAYUWALANG KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI TUTOR SEBAYA TERHADAP PROGRAM UNGGULAN SMP IT PESANTREN QURAN KAYUWALANG KOTA CIREBON
Penulis: AGUS TALIK
Abstrak: Dalam arahan kurikulum 2013 guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif . Pembelajaran tutor sebaya merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada siswa yang aktif . Di lakukan sesama teman sekelas/sebaya dengan ditunjuk oleh guru satu atau beberapa siswa yang memiliki penguasaan materi yang lebih untuk mengajar kepada teman sekelasnya dengan materi pelajaran yang bersifat pengulangan dari materi yang di sampaikan oleh guru mata pelajaran. . Penelitian tentang manajemen pelayanan masyarakat melalui tutor sebaya teerhadap program unggulan SMP IT pesantren Quran Kayuwalang kota Cirebon merupakan focus penelitian yang belum banyak di teliti karena pembelajaran melalui tutor sebaya sebagai bentuk manajemen pelayanan masyarakat ini menempatkan siswa nya untuk menjadi tutor sebaya diluar pakem konsep tutor sebaya. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling meliputi kepala sekolah, Waka Bidang kesiswaan sekaligus sebagai Ketua pelaksana dari program tutor sebaya,peserta belajar dan orang tua peserta belajar. Instrumen penelitiannya peneliti dengan pengumpulan data berdasarkan caranya yaitu in depth interview, observasi, dan studi dokumentasi dan teriangualsi data. Adapun analisis data dilakukan dengan collecting, reduction dan conclusion. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas, depenabilitas. Manajemen pelayanan masyarakat melalui tutor sebaya terhadap program unggulan SMP IT Pesantrem Quran Kayuwalang Kota Cirebon dilakukan meliputi perencanaan, pengeorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan melakukan need assesmet dan analisis angket, kemudian membentuk penanggungjawab program, desain program, desain instrument kepuasan dan efektivitas, serta desain anggaran. Pengorganisasian program parenting dilakukan meliputi penetapan dan pembagian job description para penanggungjawab, penetapan tema pembelajaran untuk 10 kali pertemuan, narasumber dan audiens. Pelaksanaan program tutor sebaya dilakukan di 8 titik lokasi pembelajaran. Pengawasan dilakukan oleh ketua yayasan kepala sekolah dan komite sekolah secara berkala tiap 5 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Manajemen pelayanan masyarakat melalui tutor sebaya terhadap program unggulan SMP IT Pesantrem Quran Kayuwalang Kota Cirebon yang dilaksanakan oleh siswa kelas 9 memiliki keunggulan,baik dalam manajemen pelayanan masyarakatnya, pelaksanaan programnya, juga terhadap lembaga sekolah itu sendiri.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan Masyarakat, Tutor Sebaya Referensi : Prof.Dr.lijan poltak sinambela. (2016). manajemen sumber daya manusia. PT bumi aksara.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1zpcqfKVcTUAc55qLim67CMDQ2xqwRiTb
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/729
Tanggal: 2022-06-22


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803556501_W ... 2022-06-01 at 19.50.56.jpg 62.90Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN PELAYANAN MASYARAKAT MELALUI TUTOR SEBAYA TERHADAP PROGRAM UNGGULAN SMP IT PESANTREN QURAN KAYUWALANG KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya