IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEHARI-HARI DI SD IT AL RAHMAH KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON

Repositori IAIBBC

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEHARI-HARI DI SD IT AL RAHMAH KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON

Perlihat publikasi penuh

Title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEHARI-HARI DI SD IT AL RAHMAH KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON
Author: KHURUL IEN
Abstract: ABSTRAK KHURUL IEN, NIM: 2016.3.4.1.00301, berjudul IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEHARI-HARI DI SD ISLAM TERPADU AL RAHMAH GEBANG KABUPATEN CIREBON SD Islam Terpadu Al Rahmah merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan mlakukan melaksanakan pendidikan karakter melalui pembiasaan sehari-hari. Para peserta didik di SD Islam Terpadu terlihat sangat santun dslsm berbagai hal dan sopan. Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan sehari-hari di SD Islam Terpadu Al Rahmah yaitu: Muroja’ah yaumiyyah sebelum memulai KBM, mengaji, kegiatan literasi sebelum KBM, membaca Asmaul Husna, Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, kemudian bersalam-salaman dengan guru. Adapun dikelasnya sendiri masing-masing sebelum KBM yaitu hafalan surat-surat pendek dan ubudiyah (bacaan sholat beserta artinya). Mendiskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembiasaan sehari-hari, faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat implementasi pendidikan karakter, serta solusi dalam mengatasi hambatan pada implementasi pendidikan karakter dalam pembiasaan sehari-hari di SD Islam Terpadu Al Rahmah. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Islam Terpadu Al Rahmah, dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga simpulan. Pertama implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan sehari-hari yang diterapkan di SD Islam Terpadu Al Rahmah telah ditetapkan sejak awal berdirinya sekolah, namun sejak tahun 2017 ada perubahan mengenai pembiasaan sehari-hari guna mendorong peserta didik agar lebih mengutamakan sikap yang baik dan memiliki perilaku sopan dan santun. Kedua, mengenai faktor pendorong dan penghambat yang akan menjadikan proses dalam menerapkan karakter itu sendiri dan yang ketiga adalah solusi dari permasalahan yang dihadapi sebab untuk menerapkan pendidikan karakter butuh proses waktu yang tidak sedikit, selain itu membutuhkan kerjasama antara kepala sekolah, guru-guru, peserta didik juga orangtua peserta didik.
Description: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembiasaan Sehari-hari,
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/72


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku