Manajemen Pendidikan Karakter Berlandaskan FAST di SDIT Alief Mardhiyah Cirebon

Publikasi Unusia

Manajemen Pendidikan Karakter Berlandaskan FAST di SDIT Alief Mardhiyah Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Manajemen Pendidikan Karakter Berlandaskan FAST di SDIT Alief Mardhiyah Cirebon
Penulis: Dhisa Ayu Tresnaningrum
Abstrak: Realisasi pendidikan karakter perlu diwujudkan dalam keluarga, masyarakat atau lingkungan dan sekolah. Oleh karena itu, secara otomatis pendidikan karakter di sekolah perlu didukung oleh orang tua dan masyarakat. Ini disebabkan karena ketiga komponen tersebut secara komplementer saling memberikan pendidikan karakter pada peserta didik. Sekolah sebagai suatu lembaga formal perlu mengambil peran dalam pengembangan sisi afektif peserta didik. Dengan kata lain, dalam pelaksanaan pendidikan karakter, sekolah perlu menekankan pada pembinaan perilaku peserta didik, sebab karakter pada dasarnya bukan penguasaan pengetahuan tetapi lebih banyak pada aspek afektif. Apa yang berlaku di sekolah formal sampai saat ini, dalam pembelajaran karakter belum menyentuh aspek afektif ini. Fungsi manajemen pendidikan yang dijalankan di SDIT Alief Mardhiyah harus optimal agar tercapainya visi, misi dan tujuan sekolah serta menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah, 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengorganisasian program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah, 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyusunan personalia program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah, 4) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengarahan program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah, 5) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Perencanaan Program Pendidikan Karakter di SDIT Alief Mardhiyah dilakukan bersama-sama yang melibatkan Ketua Yayasan, Ketua Harian, Tim Satuan Penjamin Mutu dan Guru. Kegiatan perencanaan program pendidikan karakter dilaksanakan sekolah mulai menyadari pentingnya pendidikan karakter sehingga kegiatan program pendidikan karakter bisa melengkapi program kegiatan pembelajaran sekolah. Kegiatan perencanan yang dilaksanakan meliputi perumusan tim Satuan Penjamin Mutu dan perumusan program pendidikan karakter SDIT Alief Mardhiyah. Kegiatan perencanaan ini dirancang dan disusun sedemikian rupa setelah melalui rapat koordinasi pembentuan Satuan Penjamin Mutu. Pengorganisasian Program Pendidikan Karakter di SDIT Alief Mardhiyah dilakukan setelah kegiatan perencanaan program Pendidikan Karakter selesai dirumuskan, personalia Tim Satuan Penjamin Mutu terdiri dari Yayasan, Kepala Sekolah dan para guru diberi amanah atau tugas sesuai jabatan dan wewenang sesuai dengan Surat Keputusan yang berlaku. Tim Satuan Penjamin Mutu menetapkan tujuan dan fungsi dibentuknya satuan tersebut yang mana akan menentukan orientasi kerja dari Tim Satuan Penjamin Mutu guna mencapai jaminan mutu yang optimal. Penyusunan personalia Program Pendidikan Karakter dilaksanakan berdasarkan kompetensi masing-masing personil yang ada. Pengarahan Program Pendidikan Karakter di SDIT Alief Mardhiyah. Pada bagian ini, fungsi masing-masing personalia berkontribusi dalam pelaksanaan serta implementasi program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah. Oleh sebab itu, Tim Satuan Penjamin Mutu merumuskan Standar Operasional (SOP) sebelum program pendidikan karakter diterapkan. Standar Operasional yang ditetapkan ini terdiri dari indikator-indikator yang akan menjadi tolok ukur utama dalam pelaksanaan setiap program pendidikan karakter. Pengawasan Program Pendidikan Karakter di SDIT Alief Mardhiyah Manajemen pengawasan adalah salah satu peranan yang sangat penting dilakukan oleh ketua harian dan kepala bidang dikdasmen selaku penanggungjawab program pendidikan karakter di SDIT Alief Mardhiyah. Pengawasan dilakukan dalam berbagai hal, baik tertib administrasi maupun pelaksanaan kegiatan.
Deskripsi: Kata Kunci : Karakter, Pendidikan Karakter, Manajemen Pendidikan Karakter Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/mMco3fqLyIaWIpSF0kALFBAWuyZcDv9u.pdf
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/709
Tanggal: 2022-08-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803536046_4 ... ingrum 2018.8.1.3.0038.pdf 776.4Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1672803536724_01.jpg 182.4Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Manajemen Pendidikan Karakter Berlandaskan FAST di SDIT Alief Mardhiyah Cirebon
1672803537200_P ... SDIT Alief Mardhiyah.pptx 268.4Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis Manajemen Pendidikan Karakter Berlandaskan FAST di SDIT Alief Mardhiyah Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya