MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON
Penulis: Maslikhah
Abstrak: Maslikhah NIM. 2018.8.1.3.0073. “Manajemen Pembelajaran Metode Qiro‟ati dalam Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kabupaten Cirebon” Sebagai negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam, masih banyak masyarakat muslim Indonesia yang belum lancar dalam membaca Al-Qur‟an. Fenomena ini menuntut hadirnya sekolah-sekolah berbasis agama dan pembelajaran yang memberikan perhatian serius pada penguasaan bacaan dan pemahaman Al Qur‟an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen pembelajaran metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kabupaten Cirebon Permasalahan penelitian ini dibatasi oleh waktu penelitian selama satu tahun ajaran dan tema yang dibahas difokuskan pada manajemen pembelajaran Al-Quran melalui metode metode Qiro‟ati di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kabupaten Cirebon yang terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Instrumen penelitiannya berupa pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan di antaranya dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verfication (kesimpulan). Keabsahan data dilakukan melalui keterpercayaan (credibility); keteralihan (transferability); keterandalan (dependability) dan konfirmabilitas (confirmability). Berdasarkan hasil penelitian ini, perencanaan pembelajaran metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kabupaten Cirebon dilakukan berdasarkan standar pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Qiroati dan ditetapkan pula strategi pembelajaran metode Qiroati kepada siswa, pengorganisasiannya berupa tanggungjawab berbagai komponen dalam mengkhatmilkan siswa, pelaksanaannya dilakukan oleh kepala madrasah Al-Washliyah dengan menggerakkan semua komponen agar bersama-sama mensukseskan program qiroati di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah sehingga peran pembimbing dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran Qiroati juga sangat baik, pengawasannya dilakukan Korda secara rutin dan melalui peran kepala madrasah sebagai supervisor. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran metode Qiroati di Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kabupaten Cirebon berjalan secara sistemik dan sistematis.
Deskripsi: Kata Kunci : manajemen, pembelajaran, metode qiro‟ati Referensi : Abdul Halim Nasution dkk. (2010). Ayat-ayat Al-Quran Tentang Manajemen. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Retrieved from Abdul Halim Nasution dkk, 2010. Ayat-ayat Al-Quran Tentang Manajemen. Medan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=17z-Uwaht5K7v3MjQPP8zHjgdjHxd4i0T
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/706
Tanggal: 2022-08-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya