Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMK Ponpes Abu Manshur Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Repositori IAIBBC

Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMK Ponpes Abu Manshur Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Perlihat publikasi penuh

Title: Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMK Ponpes Abu Manshur Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon
Author: SUWANA
Abstract: ABSTRAK SUWANA. NIM. 2014.17.01970 : PENGARUH KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELASI XI DI SMK PONPES. ABU MANSHUR KEC. PLERED KAB. CIREBON Skripsi ini membahas pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMK Ponpes. Abu Manshur Kab. Cirebon. Kajian yang dipaparkan dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan pesrta didik dalam beberapa aspek antara lain : disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap dan disiplin dalam beribadah. Kedisiplinan yang sangat baik seharusnya memberikan dampak yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMK Ponpes. Abu manshur Kab. Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner atau angket dan dokumen dengan teknik analisis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Ponpes. Abu Manshur Kab. Cirebon yang berjumlah 248 orang, sedangkan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen yang dipakai untuk mengukur variabel X (kedisiplinan peserta didik) diperoleh melalui kuesioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data variabel Y (prestasi belajar PAI) diperoleh melalui dokumentasi dengan menggunakan nilai raport. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa tingkat kedisiplinan peserta didik sebagai variabel (X) di SMK ponpes. Abu Manshur kelas XI masuk kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan kuesioner atau angket kedisiplinan dengan perhitungan nilai rata-rata 54,57 dan standar deviasi sebesar 7. Sedangkan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI sebagai variabel (Y) di SMK Ponpes. Abu Manshur Kab. Cirebon yang diperoleh hasil raport dengan nilai rata-rata sebesar 87,77 dan standar deviasi sebesar 5, hal ini masuk dalam kategori baik. Dari hasil uji hipotesis dengan rumus thitung diperoleh thitung sebesar 0,278. Sedangkan ttabel dengan α =0,05 dan dk =n-2 yaitu sebesar 1, 686. thitung 0,278 ttabel 1, 686 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMK Ponpes. Abu Manshur Kabupaten Cirebon. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar
Description: Kata Kunci : kedisiplinan,prestasi belajar
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/700
Date: 2019-04-29


Files in this item

Files Size Format View Description
1591969938351_S ... FULL.pdf[1]-compressed.pdf 2.550Mb PDF View/Open File skripsi
1591969938469_1.COVER-Reduced-Reduced_1.PNG 117.3Kb PNG image View/Open Cover skripsi Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI di SMK Ponpes Abu Manshur Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku