MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI DALAM MEMBINA MINAT MEMBACA SISWA DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI DALAM MEMBINA MINAT MEMBACA SISWA DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM GERAKAN LITERASI DALAM MEMBINA MINAT MEMBACA SISWA DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA CIREBON
Penulis: EHA JULAEHA
Abstrak: Membaca merupakan esensi dasar pengetahuan manusia untuk mendapatkan ilmu. Dengan membaca, kemampuan berfikir manusia akan semakin terasah dan berkembang, ilmu pengetahuanpun akan bertambah dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di era globalisasi ini. Program literasi bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik di Sekolah Dasar mengingat masa anak-anak berada dalam usia emas (golden age) sehingga penting untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur yang bisa diperoleh dari kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan program kegiatan literasi, 2) Pengorganisasian program kegiatan literasi, 3) Pelaksanaan program kegiatan literasi, dan 4) Pengawasan program kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari alur reduksi data, alur mendisplay data dan alur penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian dilakukan pemeriksaan yang didasarkan pada empat kriteria, yaitu; credibility, transferability, depandibility dan confirmability. Hasil penelitian antara laian : 1) Perencanaan; melakukan pengelolaan manajemen perencanaan yang matang yaitu tahap persiapan yang terdiri dari pembentukan tim, perumusan tujuan, penentuan strategi, penentuan program, dan penentuan anggaran, 2) Pengorganisasian; dalam menjalankan roda kepengurusannya menjalin kordinasi yang baik dengan semua tim yang terlibat dalam kegiatan literasi, 3) Pelaksanaan; dalam pelaksanaan program literasi sangat baik yaitu pelaksanaan tujuan literasi, penjadwalan kegiatan literasi, penyediaan sarana dan prasarana. 4) Pengawasan; Evaluasi dan tindak lanjut yaitu pembuatan laporan dan pemantauan oleh Kepala Sekolah dan yayasan.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Literasi, Minat Membaca Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1GqAFy8nYZYsX1z-asy4OMULcNb4de8dl
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/699
Tanggal: 2022-08-13


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya