MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI KERJA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 3 INDRAMAYU

Publikasi Unusia

MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI KERJA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 3 INDRAMAYU

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN MOTIVASI KERJA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 3 INDRAMAYU
Penulis: KHOLIKURROHMAN
Abstrak: Kholikurrohman. NIM. 2020.8.1.5.0176. Model Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dalam Membangun Motivasi Kerja di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Indramayu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan dan prestasi yang dimiliki Kepala Madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya, berkenaan dengan hal ini peneliti melakukan penelitian terhadap gaya kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui model kepemimpinan transformatif kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Indramayu. 2) mengetahui implementasi model kepemimpinan transformatif kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Indramayu. 3) mengetahui evaluasi model kepemimpinan transformatif kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, wakil Kepala Madrasah, Kepala TU, guruguru beserta staf TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya cenderung menggunakan gaya transformasional. Hal ini terlihat dari cara Kepala Madrasah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah selalu dilaksanakan dengan bermusyawarah, selalu melibatkan bawahan (guru, staf dan siswa). Kepala Madrasah selalu menerima masukan dan kritikan dengan senang. Terlihat komunikasi, yaitu adanya hubungan yang terjalin antara Kepala Madrasah dan bawahan secara harmonis. Kepala Madrasah aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang ada di Madrasah dan memiliki sikap yang sopan, penyabar, islami dan rasa kekeluargaan yang tinggi.
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FIOhd1Geb-4mJJ_-fjqoSrNLeqtGa1po
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/693
Tanggal: 2022-09-10


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya