Manajemen Program Keterampilan dalam Mengembangkan Karakter Mandiri di MA Miftahul Huda Subang

Publikasi Unusia

Manajemen Program Keterampilan dalam Mengembangkan Karakter Mandiri di MA Miftahul Huda Subang

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Manajemen Program Keterampilan dalam Mengembangkan Karakter Mandiri di MA Miftahul Huda Subang
Penulis: M NURUL MAARIF
Abstrak: ABSTRAK M. Nurul Ma’arif. NIM. 2020.8.1.5.0112 “Manajemen Program Keterampilan Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri di MA Miftahul Huda Subang”. Dalam pendidikan tingkat menengah atas, konsep keterampilan hidup merupakan salah satu fokus kajian pembahasan, yaitu pendidikan yang menekankan pada kecakapan hidup atau berbasis pekerjaan, yang salah satunya bermakna pendidikan keterampilan. Program Keterampilan pada Madrasah Aliyah bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan yang bermanfaat bagi siswa yakni mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara, baik secara mandiri maupun untuk terjun ke dunia kerja. Begitupun dengan program keterampilan yang diselenggarakan oleh MA Miftahul Huda Subang, dimana madrasah tersebut merupakan MA satu-satunya di kabupaten Subang yang melaksanakan program keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program keterampilan dari segi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatannya studi kasus dan sumber data menggunakan tehnik purposive sampling meliputi Waka Kurikulum, Kepala TU dan Guru Kordinator program, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tehnik analisis datanya dengan pengumpulan data, mereduksi, menyajikan dan memverikasinya. Manajemen program keterampilan di MA Miftahul Huda Subang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Proses Perencanaan dengan menganalisis masa depan, penetapan tujuan, menyusun strategi, dan membuat jadwal. Proses Pengorganisasian dilakukan dengan rapat persiapan tim program sekaligus menyusun Job description nya, menyusun dan menganalisis kebutuhan fasilitas program. Proses Pelaksanaan dilakukan dengan rapat pengarahan sesuai dengan tugas masing-masing, memotivasi kerja, melaksanakan pekerjaan. Proses Pengawasan dilakukan dengan, menilai hasil kemudian menganalisisnya, melaksanakan strategi perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen program keterampilan di MA Miftahul Huda Subang merupakan program keterampilan murni hasil dari pengamatan latar belakang keadaan internal dan eksternal, kemudian diberlakukan dengan pola manajemen yang baik dan terintegrasikan dengan kurikulum madrasah.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : Manajemen, Program, dan Keterampilan Referensi : Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Deebulish. Retrieved from offline
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1gOi_sc89UB6sQwR5apTrEqKBHZe_JkhH
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/686
Tanggal: 2022-09-24


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya