Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
dc.contributor.advisor | Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil. | |
dc.contributor.author | Aris Rahmat Hidayat | |
dc.contributor.editor | Aris Rahmat Hidayat | |
dc.contributor.other | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
dc.contributor.other | Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A. | |
dc.contributor.other | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
dc.contributor.other | Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd. | |
dc.date.accessioned | 2023-01-04T03:38:24Z | |
dc.date.available | 2023-01-04T03:38:24Z | |
dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon | |
dc.date.issued | 2022-09-23 | |
dc.identifier | 2019.8.1.4.0004 | |
dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1PtMwc02sMWq2EvCq37V1vR1uLwP-EKvb | |
dc.identifier.uri | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/685 | |
dc.description | Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan Referensi : | |
dc.description.abstract | ABSTRAK ARIS RAHMAT HIDAYAT. NIM. 2019.8.1.4.0004. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan bahwa tidak semua sekolah memiliki konsep manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang efektif dan terkelola dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian perencanaan manajemen sarana dan prasarana melalui penyebaran angket kebutuhan media guru, musyawarah bersama kepala sekolah, kepala tata usaha, bendahara dan juga seluruh dewan guru. Pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana pendidikan diwujudkan dalam bentuk inventarisasi yang meliputi mencatat seluruh barang inventaris yang diterima didalam buku induk inventaris, kemudian setelah selesai dicatat di buku induk inventaris kemudian memberi kode barang tersebut. Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan meliputi pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan. Evaluasi manajemen sarana prasarana pendidikan direalisasikan pada bentuk monitoring juga laporan secara lisan dan tertulis yang diadakan evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi diri madrasah (EDM) yang semuanya ditinjau secara langsung oleh pimpinan di sekolah. Kesimpulannya adalah manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon memberikan kontribusi terhadap keteraturan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah. | |
dc.publisher | Manajemen Pendidikan Islam (S2) | |
dc.subject | Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan | |
dc.title | MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 11 KABUPATEN CIREBON | |
dc.type | Thesis S2 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |