MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 11 KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 11 KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.author Aris Rahmat Hidayat
dc.contributor.editor Aris Rahmat Hidayat
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:24Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:24Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-09-23
dc.identifier 2019.8.1.4.0004
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1PtMwc02sMWq2EvCq37V1vR1uLwP-EKvb
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/685
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK ARIS RAHMAT HIDAYAT. NIM. 2019.8.1.4.0004. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan bahwa tidak semua sekolah memiliki konsep manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang efektif dan terkelola dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian perencanaan manajemen sarana dan prasarana melalui penyebaran angket kebutuhan media guru, musyawarah bersama kepala sekolah, kepala tata usaha, bendahara dan juga seluruh dewan guru. Pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana pendidikan diwujudkan dalam bentuk inventarisasi yang meliputi mencatat seluruh barang inventaris yang diterima didalam buku induk inventaris, kemudian setelah selesai dicatat di buku induk inventaris kemudian memberi kode barang tersebut. Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan meliputi pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan. Evaluasi manajemen sarana prasarana pendidikan direalisasikan pada bentuk monitoring juga laporan secara lisan dan tertulis yang diadakan evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi diri madrasah (EDM) yang semuanya ditinjau secara langsung oleh pimpinan di sekolah. Kesimpulannya adalah manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Kabupaten Cirebon memberikan kontribusi terhadap keteraturan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan
dc.title MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 11 KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya