Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | Manajemen Strategi kepala madrasah dalam membina kompetensi profesional guru di Mts An Nur Kota Cirebon |
Penulis: | Mohamad Subhan |
Abstrak: | Peningkatan professionalis guru tidak dapat dilepaskan dengan upaya manajemen yang dilakukan oleh kepala madrasah yang ditunjang dengan kurikulum dan sarana pra sarana sehingga mewujudkan hasil dari lulusannya. Upaya peningkatan professional guru tidak akan memenuhi sasaran yang diharapkan tanpa dimulai dengan peningkatan manajemen pendidikan yang dilakukan oleh kepala madrasah. Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana proses belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. MTs An-Nur Kota Cirebon merupakan madrasah yang menerapkan strategi untuk meningkatkan professional guru guna menunjang pendidikan. Focus penelitian ini adalah 1) Bagaimana formulasi manajemen strategi kepala madrasah dalam membina kompetensi professional guru di MTs AN-NUR Kota Cirebon? 2) Bagaimana implementasi manajemen strategi kepala madrasah dalam melaksanakan program membina kompetensi professional guru di MTs AN-NUR Kota Cirebon? 3) Bagaimana evaluasi manajemen strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam membina kompetensi professional guru di MTs AN-NUR Kota Cirebon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan secara induktif, mengarahkan sasaran penelitiannya pada usaha menemukan teori dari dasar, bersifat deskriptif, lebih mementingkan proses daripada hasil, keabsahan data, rancangan penelitiannya disepakati oleh kedua belah pihak: peneliti dan subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Perumusan manajemen strategi terdiri dari analisis internal maupun eksternal. (2) Pelaksanaan Manajemen Strategi terdiri dari: pembentukan struktur organisasi madrasah, peningkatan kompetensi guru, peningkatan prestasi siswa, pembaharuan pengurus komite madrasah, membangun jaringan, dan harmonisasi dengan masyarakat (3) Evaluasi manajemen strategi kepala madrasah meliputi tahapan-tahapan kepala madrasah melakukan evaluasi dari program-program yang telah dilaksanakan. Kesimpulan yang diperoleh adalah kepala madrasah menganalisis lingkungan internal dan eksternal madrasah, melakukan koordinasi dengan wakil kepala masing-masing bidang untuk merumuskan program-program madrasah, Menyusun manajemen strategi untuk membina kompetensi professional guru, serta dalam membina professional guru di MTs An-Nur Kota Cirebon diawali dengan komitmen kepala madrasah untuk membina kompetensi guru, pembenahan struktur organisasi dan majelis madrasah, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, pemenuhan sarana prasarana, membangun jaringan, berkolaborasi dengan pesantren jagasatru, dan memperbaiki hubungan kemasyarakatan baik lulusan, pejabat, pegawai serta elemen masyarakat yang bisa memajukan madrasah. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Manajemen Strategi, Kepala Madrasah, Profesional guru Referensi : |
URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=121WtKTldyZ6UNxMe04VCTZf_t6HD4jqR
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/682 |
Tanggal: | 2022-09-24 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |