MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN HIDDEN KURIKULUM PESANTREN DI SMP ISLAM QUR’ANI AL BAHJAH CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN HIDDEN KURIKULUM PESANTREN DI SMP ISLAM QUR’ANI AL BAHJAH CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Amirudin, M.M.
dc.contributor.advisor Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.author Carnawi
dc.contributor.editor Carnawi
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:21Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:21Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-09-23
dc.identifier 2019.8.1.4.0133
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P8Kt8pDu4Iv-_zstjxns2a-kz0ZtttgH
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/681
dc.description Kata Kunci : Hidden kurikulum; Manajemen strategis; Pesantren Referensi :
dc.description.abstract Problem SMPIQu Al Bahjah Cirebon terkait dengan kurikulum adalah belum ditemukannya titik temu antara kurikulum formal kedinasan dengan kurikulum non formal pesantren. Problem ini membuat salah satu kurikulum ada yang bersifat hidden yaitu kurikulum pesantren. Hidden kurikulum pesantren di SMPIQU Al Bahjah Cirebon tetap harus di manajemen dan dikembangkan. Rumusan masalah yaitu, bagaimana formulasi, implementasi, dan evaluasi pengembangan hidden kurikulum pesantren di SMPIQu Al Bahjah Cirebon?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dan simpulan penelitian ini menemukan bahwa formulasi pengembangan hidden kurikulum pesantren dilakukan dengan lima indikator yaitu pengembangan Visi dan Misi; identifikasi terhadap peluang yang ada; identifikasi terhadap munculnya ancaman dari luar organisasi; menemukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh internal organisasi; dan membuat tujuan jangka panjang. Implementasi dilakukan dengan melakukan rapat kerja dan rapat harian; membuat jadwal kegiatan belajar mengajar sesuai dengan yang telah direncanakan; membuat dan mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah; meningkatkan sumber daya manusia pengajar dan santri; mengembangkan kemampuan sumber daya manusia bagi pengajar; meningkatkan akhlak dan adab santri dengan mengikuti kajian, kontrol ibadah, dan lain-lain; dan meningkatkan santri dengan pemahaman serta penguasaan bahasa asing. Evaluasi dilakukan berdasarkan implementasi pengembangan hidden kurikulum pesantren dengan supervisi musywarah rutin; inspeksi; audit dan laporan. Kegiatan dilakukan dengan bentuk pendidikan berbasis akhlak dan akidah; penataan dan pengelolaan administrasi secara tertib; optimalisasi media sebagai infrastruktur dan sarana pengembangan kurikulum; dan aktif dalam ajang kompetisi serta menjadi tuan rumah even kompetisi.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Hidden kurikulum; Manajemen strategis; Pesantren
dc.title MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN HIDDEN KURIKULUM PESANTREN DI SMP ISLAM QUR’ANI AL BAHJAH CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya