Kompetensi Manajerial dan Peranan Orang Tua dalam Membentuk Budaya Literasi Anak di RA Al Washliyah Sumber Cirebon

Publikasi Unusia

Kompetensi Manajerial dan Peranan Orang Tua dalam Membentuk Budaya Literasi Anak di RA Al Washliyah Sumber Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.advisor Dr. Abdul Karim, M. Pd. I
dc.contributor.author HENI RIHANI MANAP
dc.contributor.editor HENI RIHANI MANAP
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Muaripin, M. Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:20Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:20Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-09-24
dc.identifier 2020.8.1.5.0113
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1g5HB822fU2L1GYwfkfZApNL7b10B-_0K
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/679
dc.description Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Orang Tua dan Budaya Literasi Referensi :
dc.description.abstract Heni Rihani Manap. NIM. 2020.8.1.5.0113 “Kompetensi Manajerial dan Peranan Orang Tua dalam Membangun Budaya Literasi Anak di RA Al Washliyah Sumber Cirebon” Pengenalan literasi terhadap anak perlu dilakukan sejak dini. Literasi pada anak usia dini tidak hanya menjadi tugas guru di sekolah, tetapi juga menjadi tugas orang tua di rumah dan di lingkungan sekitar. Program literasi disekolah menjadi tugas kepala madrasah dalam perancangan, pengaturan, pelaksanaan dan pengawasan sehingga program dapat dilaksanakan sehingga dapat membangun budaya literasi di sekolah. Orang tua sebagai mitra sekolah dalam pembelajaran anak di rumah dapat sebagai pendamping, pengontrol dan penyedia sarana sebagai penguatan program sekolah. Penelitian tentang kompetensi manajemen dan peranan orang tua ini merupakan focus penelitian yang sangat menarik karena banyak para orang tua yang menyerahkan pendidikan anaknya pada guru dan program sekolah, sehingga hasil yang dicapai kurang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan sumber data dari Kepala Madrasah RA Al Washliyah dan para wakil orang tua yang diambil sebagai sample dari tiap kelasnya. Instrumen penelitiannya menggunakan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi serta triangulasi data dan keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas. Kompetensi manajerial kepala madrasah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Peranan orang tua meliputi pengasuhan, pendampingan, pengawasan dan memberian sarana di rumah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajerial dalam sekolah dan peranan orang tua saling berkaitan dalam membentuk budaya literasi anak sehingga berhasil optimal.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Kompetensi Manajerial, Orang Tua dan Budaya Literasi
dc.title Kompetensi Manajerial dan Peranan Orang Tua dalam Membentuk Budaya Literasi Anak di RA Al Washliyah Sumber Cirebon
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya