MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM MEMBINA MUTU LULUSAN DI TKIT AL-IMAM KUNINGAN

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM MEMBINA MUTU LULUSAN DI TKIT AL-IMAM KUNINGAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM MEMBINA MUTU LULUSAN DI TKIT AL-IMAM KUNINGAN
Penulis: YESSICA PRAMESTI DWIPAYANI
Abstrak: ABSTRAK Yessica Pramesti Dwipayani. NIM. 2020.8.1.5.0038 “Manajemen Pendidikan Karakter Religius Dalam Membina Mutu Lulusan Di TKIT Al-Imam Kuningan”. Pendidikan Anak Usia Dini khususnya Taman Kanak-kanak adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan karakter religius merupakan suatu strategi pembentukan perilaku anak, dimana pendidikan karakter religius adalah landasan awal untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral ataupun akhlak mulia. Karakter religius diperlukan sebagai pondasi awal anak untuk berkarakter. Karena karakter religius merupakan cerminan iman terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan Pendidikan karakter religius (2) Pengorganisasian Pendidikan karakter religius (3) Pelaksanaan Pendidikan karakter religius (4) Pengawasan Pendidikan karakter religius. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada TKIT Al-Imam Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan pada empat kriteria, yaitu Credibility, Transferability, Dependability, Confirmability. Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan pendidikan karakter religius melalui tahap persiapan yang terdiri dari penentuan tujuan, strategi pembelajaran, merancang program kegiatan, menentukan kurikulum, Posedur, sistem pendidikan, standar keberhasilan dari pendidikan karakter religius. (2) Pengorganisasian pendidikan karakter religius memiliki kejelasan dan terstruktur. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter religius terhadap kegiatan pembelajaran, pada kegiatan sehari-hari, dan kedalam program sekolah. (4) Pengawasan pendidikan karakter religius dengan bentuk pemantauan atau monitoring, evaluasi dan pelaporan. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan karakter religius, Anak Usia Dini, Mutu Lulusan
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Manajemen Pendidikan karakter religius, Anak Usia Dini, Mutu Lulusan Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1RtS8Go53PFrr5Rf6Xv7hnSc8GmXJqmhT
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/677
Tanggal: 2022-09-24


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya