MANAJEMEN PEMBINAAN GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBINAAN GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author Heni Nurulwardani
dc.contributor.editor Heni Nurulwardani
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:18Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:18Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-10-29
dc.identifier 2019.8.1.4.0109
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=14KTj9Ta5IhFj9PuvlAn2KD_WFLivjNwI
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/676
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Pembinaan, Profesionalitas Guru Referensi :
dc.description.abstract Abstrak Heni Nurul Wardani, NIM 2019.8.1.4.0109 “Manajemen Pembinaan Guru PAUD dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di TK Negeri Pembina Kota Cirebon. “. Kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator memegang peranan penting terlaksananya profesionalitas guru dengan baik. Oleh sebab itu manajemen dengan melaksanankan adalah gaya kepemimpinan yang dibutuhkan oleh sekolah dengan fokus pada pelanggan utamanya. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif studi fenomenologi dengan triangulasi dan membercheck: Hasil penelitian yaitu kepala sekolah telah melakukan fungsi manajemen tentang pembinaan peningkatkan profesionalitas guru di TK Negeri Pembina Kota Cirebon dengan perencanaan meliputi anggaran, kebijakan, kegiatan terprogram dan sosialisasi. Rapat sekolah setiap bulan atau insidental, tahun ajaran baru, di awal semester, dan di tengah semester, supervisi, kegiatan gugus, pelatihan KKG/MGMP/KKS dan seminar. Sosialisasi dengan mengadakan kegiatan pertemuan gugus. Pengorganisasian pembinaan peningkatkan profesionalitas guru berkaitan dengan visi, misi, tujuan dan tugas pokok dan fungsinysa masing-masing. Pelaksanaan pembinaan peningkatkan profesionalitas guru diantaranya yaitu rapat sekolah, kegiatan KKG/MGMP/KKS, workshop dan seminar, kegiatan gugus dan upervisi akademik maupun klinis, PPG, PPL dan tes uji kompetensi. kemampuan mempelajari bahan ajar, konsep kelas, membuat rencana pembelajaran, mengevaluasi, mengelola kelas, menguasai bahan ajar dengan baik, fasilitas pendukung seperti laptop dan koneksi internet Pengawasan pembinaan peningkatkan profesionalitas guru berkaitan dengan kinerja guru, loyalitas, faktor pendukung dan penghambat serta solusi mengatasinya. Peningkatan kinerja lebih baik dalam kompetensi professional dengan menciptakan rasa kekeluargaan untuk membangun komunikasi yang baik dan positif. Adanya kerja sama dan kebersamaan dan saling tolong menolong menjadi prinsip pembelajaran.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Pembinaan, Profesionalitas Guru
dc.title MANAJEMEN PEMBINAAN GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya