MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM DALAM UPAYA PEMBINAAN PRIBADI MUSLIM DI TK ISLAM AL AZHAR 3 KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM DALAM UPAYA PEMBINAAN PRIBADI MUSLIM DI TK ISLAM AL AZHAR 3 KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM DALAM UPAYA PEMBINAAN PRIBADI MUSLIM DI TK ISLAM AL AZHAR 3 KOTA CIREBON
Penulis: Sania Lis Indriyanti
Abstrak: Abstrak Sania Lis Indriyanti. NIM. 2019.8.1.4.0093 “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Dalam Upaya Pembinaan Pribadi Muslim di TK Islam Al Azhar 3 Kota Cirebon”. Masalah besar pendidikan saat ini adalah implementasi ilmu dalam sikap dan perbuatan. Kompetensi ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang murid belum berdampak terhadap sikap dan perilaku maka dibutuhkan manajemen pendidikan karakter dalam upaya pembinaan pribadi muslim di TK Islam Al Azhar 3 Kota Cirebon terutama aspek aqidah, ibadah dan muamalah. Peneliti dalam hal ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu rencana Strategi pendidikan adab melalui penyusunan program tahunan, sosialisasi program, pembelajaran dengan media seperti gambar, buku cerita atau film Pengorganisasian berdasarkan visi yaitu membentuk pribadi muslim yang religius, berakhlaq, mandiri, sehat, cerdas, terampil dan peduli. Misinya yaitu menciptakan lingkungan Islami. Pelaksanaan kurikulum adab melalui penataan lingkungan yang kondusif dengan peraturan dan tata tertib. Penguatan pendidikan adab melalui keteladanan. penyampaian prinsipprinsip. Pembiasaan-pembiasaan dengan praktik langsung sehingga menjadi kebiasaan. Pemberian Reward dan Punishment yang humanis, Pengawasan adab melalui integrasi penguatan pendidikan adab dilakukan oleh guru secara langsung. Pengawasan penilaian dilhat dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik dilihat dari keaktifan anak. Semua komponen sekolah bertanggung jawab dalam pengawasan yang terintegrasi dengan pembiasaan dan pembudayaan. Pengawasan di rumah oleh orang tua dengan mendidik secara langsung adab-adab yang telah diajarkan di sekolah. Adanya tim penjamin pelaksana penguatan pendidikan adab di setiap satuan pendidikan. Instrument monotirong dan evaluasi serta tindak lanjut strategi implementasi penguatan pendidikan adab.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Karakter, Kurikulum Pribadi Muslim Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1x9lyAm6Nu1svVQJ2x3yNMquPcCc1QGxz
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/673
Tanggal: 2022-10-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya