MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEPEDULIAN SOSIAL UNTUK MEMBINA KOMPETENSI LULUSAN DI TK ISLAM TERPADU FATHATUL HIDAYAH PERBUTULAN SUMBER CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEPEDULIAN SOSIAL UNTUK MEMBINA KOMPETENSI LULUSAN DI TK ISLAM TERPADU FATHATUL HIDAYAH PERBUTULAN SUMBER CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEPEDULIAN SOSIAL UNTUK MEMBINA KOMPETENSI LULUSAN DI TK ISLAM TERPADU FATHATUL HIDAYAH PERBUTULAN SUMBER CIREBON
Penulis: Yayah Dariyah
Abstrak: Manajemen pendidikan karakter religius dan kepedulian sosial merupakan sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dengan harapan peserta didik dan para lulusan memiliki kompetensi sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang bermoral, beretika, sesuai nilai agama, memiliki simpati dan empati serta jiwa sosial tinggi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Objek penelitian ini yaitu kemampuan lembaga dalam menanamkan jiwa agamis dan kepedulian sosial pada anak yang terlihat ketika berinteraksi, mampu bertanggung jawab disetiap kegiatan serta saling membantu terhadap sesama. Tekhnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini sesuai teori G.R Terry. Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter religius dan kepedulian sosial untuk membina kompetensi lulusan di TKIT Fathatul Hidayah Perbutulan Sumber Cirebon. Penanaman nilai- nilai pendidikan karakter religius pada anak usia dini melalui proses pembiasaaan, keteladanan, nasehat, pemberian reward dan punishment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan berbagai kegiatan, dan memiliki rasa simpati dan kepedulian terhadap sesama teman dan orang lain. Evaluasi dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan tujuan agar adanya tindak lanjut berupa perbaikan dan penyempurnaan sehingga dianggap benar-benar telah mencapai tujuan yang dirumuskan dalam perencanaan program sebelumnya, peran guru dan orang tua dalam penerapan pembelajaran harus terus ditindak lanjuti secara berkesinambungan dan adanya pelaporan dari pihak orang tua guna mencapai hasil perkembangan peserta didik dapat terbina dan menjadi lulusan yang berkompeten yang memiliki sikap/karakter unggul dapat dikembangkan baik di lingkungan sekolah, keluarga dan bisa dipertanggungjawabkan dimata masyarakat pada umumnya.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Karakter Religius, Karakter kepedulian sosial kompetensi lulusan. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Xi4CkilU3LqVMIQCkbV_HJ5f1FY1nN4r
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/660
Tanggal: 2022-11-19


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya