MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PLUMBON CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PLUMBON CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.advisor Dr. Amirudin, M.M.
dc.contributor.author SAMROTUL CHOIRIAH
dc.contributor.editor SAMROTUL CHOIRIAH
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. H. Muaripin, M. Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:03Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:03Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-11-18
dc.identifier 2020.8.1.5.0033
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1MLyCFZIQ6BmUKheWoJ_9vOs4M4trGNrL
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/657
dc.description Kata Kunci : manajemen, kurikulum, pendidikan anak usia dini Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Potensi anak akan berkembang sangat pesat yakni antara umur 0 sampai dengan 6 tahun, di situlah pentingnya pendidikan usia dini karena umur tersebut adalah periode usia emas (golden age). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen kurikulum di TK Negeri Plumbon Cirebon. Permasalahan penelitian ini dibatasi oleh waktu penelitian selama satu tahun ajaran dan tema yang dibahas difokuskan pada manajemen kurikulum di TK Negeri Plumbon Cirebon. Metode penelitian yang di`gunakan yakni deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling. Instrumen penelitiannya berupa pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan di antaranya dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verfication (kesimpulan). Keabsahan data dilakukan melalui keterpercayaan (credibility); keteralihan (transferability); keterandalan (dependability) dan konfirmabilitas (confirmability). Berdasarkan hasil penelitian ini, perencanaan kurikulum PAUD di TK Negeri Plumbon disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik, pengorganisasian kurikulum PAUD di TK Negeri Plumbon dilakukan secara terbuka dan proses pengorganisasiannya dengan membuat struktur organisasi, menempatkan SDM sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan untuk mendukung tujuan atau pencapaian kurikulum, pelaksanaan kurikulum PAUD di TK Negeri Plumbon Kabupaten Cirebon kepala TK Negeri Plumbon selalu berupaya menggerakkan para guru dan orang tua untuk melaksanakan kurikulum PAUD di TK Negeri Plumbon Cirebon sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang telah ditetapkan, pengawasan kurikulum PAUD di TK Negeri Plumbon Cirebon dilakukan secara internal oleh kepala sekolah maupun secara eksternal oleh pihak Dinas Pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa manajemen kurikulum di TK Negeri Plumbon Cirebon berjalan sistemik dan sistematis.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject manajemen, kurikulum, pendidikan anak usia dini
dc.title MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PLUMBON CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya