PENGARUH METODE IQRA’ TERHADAP KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA KELAS III DTA HIDAYATUSY SYUBBANIYYAH DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Repositori IAIBBC

PENGARUH METODE IQRA’ TERHADAP KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA KELAS III DTA HIDAYATUSY SYUBBANIYYAH DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Perlihat publikasi penuh

Title: PENGARUH METODE IQRA’ TERHADAP KEMAMPUAN BACA QUR’AN SISWA KELAS III DTA HIDAYATUSY SYUBBANIYYAH DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON
Author: MOHAMAD SYAHRIH
Abstract: Skripsi ini membahas pengaruh metode iqra’ terhadap kemampuan baca Qur’an Siswa Kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Kajian yang dipaparkan dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan baca Qur’an siswa yang disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya : minat baca yang masih rendah, kesadaran tentang pentingnya al-Qur’an yang masih jarang,penerapan metode pengajaran yang kurang baik dan belum mendapatkan metode belajar baca al-Qur’an yang pas. Dari sebuah metode baca yang pas seharusnya bisa memberikan dampak positif terhadap kemampuan baca Qur’an siswa atau peserta didik di DTA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode iqra’ terhadap kemampuan baca Qur’an Siswa di Kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner atau angket dan tes baca dengan teknik analisis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon yang berjumlah 20 siswa, dan sekaligus sebagai sampelnya. instrumen yang dipakai untuk mengukur variabel X (metode iqra’) diperoleh melalui angket, sedangkan untuk memperoleh data variabel Y (kemampuan baca Qur’an) diperoleh melalui nilai tes baca Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode iqra’ (X) terhadap kemampuan baca Qur’an siswa di kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon masuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan data hasil nilai rata-rata analisis angket yang mencapai 73%. Sedangkan kemampuan baca Qur’an siswa (Y) di kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah termasuk dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 78,25. Dari hasil uji hipotesis dengan rumus thitung diperoleh sebesar thitung 8,232. Sedangkan ttabel dengan ∂ = 0,05 dan dk = n-2 yaitu sebesar 2,878. Jadi thitung 8,232 > ttabel 2,878, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode iqra’ terhadap kemampuan baca Qur’an siswa kelas III DTA Hidayatusy Syubbaniyyah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon.
Description: Kata Kunci : Metode Iqra', Kemampuan Baca Qur'an
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/655
Date: 2019-04-29


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku