MANAJEMEN FAMILY GATHERING DALAM PEMBINAAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI TK IT AL-MADANI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN FAMILY GATHERING DALAM PEMBINAAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI TK IT AL-MADANI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.advisor Dr. Amirudin, M.M.
dc.contributor.author NUNIEK NOVIANTY
dc.contributor.editor NUNIEK NOVIANTY
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:00Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:00Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-12-03
dc.identifier 2020.8.1.5.0049
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1k-O0nVtjaZ8cBwMTG49Km3Afq3-VmLVG
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/653
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Family Gathering, Pembinaan Perilaku Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Nuniek Novianty. 2022 “Manajemen Family Gathering Dalam Pembinaan Perilaku Peserta Didik di TK IT Al-Madani Kabupaten Cirebon”. Peran serta orang tua dalam membina perilaku anak usia dini merupakan faktor utama keberhasilan pendidikan, namun fenomena yang terjadi di lapangan orang tua kurang memaksimalkan waktu kebersamaan dengan anak. Hal ini terjadi karena kesibukan orang tua dan membiarkan anak cenderung menghabiskan waktu untuk bermain gadget sehingga menyebabkan pembinaan perilaku pada anak kurang maksimal. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut kepala TK IT Al-Madani mengadakan program family gathering dengan harapan dapat membina perilaku peserta didik, mengingat saat ini pendidikan Indonesia menerapkan Kurikulum 2013, maka dibutuhkan koordinasi peran antara orang tua dan peserta didik agar tercapai tujuan pembelajaran (Mulyana, 2014). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah pada program “family gathering” dalam membina perilaku peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru dan orang tua. Analisis data menggunakan komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen family gathering dilakukan melalui pencanaan (menyusun program tahunan), pengorganisasian (membentuk tim kerja), pelaksanaan (dalam satu bulan sekali) dan pengawasan (pencatatan hasil kerja). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen family gathering dalam membina perilaku peserta didik dapat berjalan dengan baik.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Family Gathering, Pembinaan Perilaku
dc.title MANAJEMEN FAMILY GATHERING DALAM PEMBINAAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI TK IT AL-MADANI KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya