MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN PENDANAAN DI TKIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN PENDANAAN DI TKIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN PENDANAAN DI TKIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH KABUPATEN CIREBON
Penulis: SUCI INTAN PURNAMASARI
Abstrak: ABSTRAK Suci Intan Purnamasari. NIM. 2020.8.1.5.0039 “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Peningkatan Kemandirian Pendanaan Di TKIT Al Irsyad Al Islamiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon”. Pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan kualitas sumber daya manusia dan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam manajemen administrasi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di TKIT Al Irsyad Al Islamiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon akan membahas permasalahan tentang: (1) perencanaan pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan Pendidikan; (2) pengorganisasian pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan Pendidikan; (3) pelaksanaan pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan; dan (4) pengawasan dan evaluasi pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftif analitis. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabasahan data menggunakan kredibilitas, transferbility, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian manajemen pembiayaan di TKIT Al Irsyad Al Islamiyah Lemahabang Kabupaten Cirebon adalah: (1) Perencanaan pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dengan membuat Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). (2) Pengorganisasian pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dengan dimilikinya struktur organisasi kepengurusan keuangan. (3) Pelaksanaan pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dilakukannnya dengan kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi penerimaan dana dan pengeluaran dan dalam melaksanakan kegiatan serta kebutuhan sekolah, kemudian membuat usulan pencairan dana untuk disetujui dan dicairkan setelah kegiatan selesai membuat laporan penggunaan dana untuk diserahkan ke bendahara. (4) Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pembiayaan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dilakukannnya dengan melakukan supervisi secara kesinambungan dan melakukan kegiatan evaluasi program pembiayaan secara ketat.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Pembiayaan dan Kemandirian Pendanaan. Referensi : Lsxy Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Rosda Karya.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1-wwn5ytJETBfrgkyoHQD5g0Lzl0fRdiF
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/652
Tanggal: 2022-12-03


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya