Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah (2 SKS) 5 A Dr. Taufik Ridwan, M.Hum, Senin, 08.00 s.d 09.15

Publikasi Unusia

Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah (2 SKS) 5 A Dr. Taufik Ridwan, M.Hum, Senin, 08.00 s.d 09.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah PAI348
Nama Matakuliah Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Taufik Ridwan, M.Hum
Peserta Perkuliahan 2020.1.23.1.02758 - AGIS SHOLIKHATU SYAFIRA,
2020.1.23.1.02801 - FIA FATIHAH,
2020.1.23.1.02804 - HADAD NURWAWID,
2020.1.23.1.02827 - LAILI LUTHFIYAH,
2020.1.23.1.02873 - NARDO PEDRO,
22S1PAI0001 - MUHAMMAD ILYAS ZAKARIA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar
perpusatakaan, sejarah perkembangan perpusatakaan,
organisasi dan administrasi perpustakaan, pembinaan koleksi
perpustakaan, pengolahan pembinaan perpustakaan,pelayanan
pemakai, serta jam perpustakaan. Mata kuliah ini dilaksanakan
melalui kegiatan tatap muka, diskusi (presentasi), serta
penugasan baik individual maupun kelompok. Untuk
memperdalam teori yang sudah di dapatkan dalam perkuliahan,
maka mahasiswa juga diberikan pengalam lapangan berupa
observasi

3. Capaian / Kompetensi

Sikap
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu memformulasikan permasalahan pendidikan berdasarkan
konsep yang terkait dengan guru, siswa, kurikulum, sarana-prasarana,
dan lingkungan pendidikan.
Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan
mencegah plagiasi.
4. Mampu merancang dan dan menjalankan penelitian dengan
methodologi yang benar khusus nya terkait dengan pengembangan
bidang pendidikan dan pembelajaran.
Keterampilan Khusus
Mampu merancang dan menjalankan pengelolaan perpustakaan
sekolah/madrasah yang benar khusus nya terkait dengan
pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mampu
menjelaskan
tentang
deskripsi
perpustakaan
dilihat daru
undang undang
Tahun 2017
[C2, A3]
1). Kontrak Belajar 2). Mampu
menjelaskan
tentang
deskripsi
perpustakaan
dilihat daru
undang undang
Tahun 2017
[C2, A3]
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Teknik non-test:
• Menyusun
ringkasan
materi/concept
map
• Tanya jawab
Kriteria/
Indikator
Pertanyaan
diskusi,
Kelengkapan
buku, Kecukupan
referensi.
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu
memprakteka
n deskripsi
bibliografi
dalam
penyusunan
katalog
perpustakaan
Dengan baik
dan benar
Mampu
mempraktekan deskripsi
bibliografi
dalam
penyusunan
katalog
perpustakaan
Dengan baik
dan benar
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Teknik non-test:
• Menyusun
ringkasan
materi/concept
map
• Tanya jawab
Kriteria/
Indikator
Pertanyaan
diskusi,
Kelengkapan
buku, Kecukupan
referensi.
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Praktik Uji Katalog Mampu
memprakteka
n klasifikasi
dalam
penyusunan
standarisasi
pengelolaan
perpustakaan
Dengan baik
dan benar
Belajar mengajar dan tanya jawab mampu membuat Katalog dengan baik dan benar 2 x 50 menit Teknik test
:
• Menjawab
lembar kerja
Worksheet
SLIMS
• Tanya jawab
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mampu
menjelaskan
dan
memahami
review
katalogisasi
dan
klasifikasi
secara
komprehensif
Mampu
menjelaskan
dan
memahami
review
katalogisasi
dan
klasifikasi
secara
komprehensif
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mampu
memprakteka
n automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Mampu
memprakteka
n automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mampu
memprakteka
n
penggunaan
aplikasi
automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Mampu
memprakteka
n
penggunaan
aplikasi
automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Belajar mengajar Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 Mampu
memprakteka
n
penggunaan
aplikasi
automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Mampu
memprakteka
n
penggunaan
aplikasi
automasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Mampu menggunakan aplikasi SCHILS dan SLIMS Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu mengerjakan Soal PTS Mengerjakan Soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Manajemen
Pengelolaan
professional
perpustakaan
• E-book
• E-paper
• E-Jurnal
Teks dan ppt
materi/bahan
ajar
Mampu
mempraktekan
penggunaan
aplikasi
digitalisasi
perpustakaan
secara
komprehensif
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Mampu menggunakan aplikasi SCHILS dan SLIMS Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
10 Mampu
memahami
dan
menjelaskan
Literasi
Informasi
secara
komprehensif
.[C3,A3,P3]
Mampu
memahami
dan
menjelaskan
Literasi
Informasi
secara
komprehensif
.[C3,A3,P3]
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
11 Mampu
memahami
dan
menjalankan
Indexasi dan
sitasi dengan
Mendeley
dengan baik
dan
benar.[C6,
A3, P3
Mampu
memahami
dan
menjalankan
Indexasi dan
sitasi dengan
Mendeley
dengan baik
dan
benar.[C6,
A3, P3
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Praktik Magang dan Evaluasinya Belajar Mengajar Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... topik pembahasan tentang Plagiasi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... topik pembahasan tentang Laporan Magang berupa artikel Ilmiah Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
15 Review Seluruh Pertemuan MK Perpustakaan dan Launching Karya Magang Review Seluruh Pertemuan MK Perpustakaan dan Launching Karya Magang Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Buku Perpustakaan
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UAS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI348-Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah (2 SKS), Semester: 5 A, Dosen : Dr. Taufik Ridwan, M.Hum, Hari: Senin, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2022/2023, Jurusan: Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS