Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI SMP NU LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON |
Penulis: | SYAEFUDDIN |
Abstrak: | ABSTRAK Syaefuddin (2019.8.1.4.0193). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK DI SMP NU LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Tesis Program Strata 2 (S2) Pasca Sarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Penelitian ini yang menjadi permasalahanya adalah Bagaimana Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui : 1. Formulasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon. 2. Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon. 3. Evaluasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon. Data-data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode study kasus, observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Formulasi Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon menggunakan konsep Manajerial Kepala Sekolah dimulai dari tahap: menganalisis faktor pendidik dari internal dan eksternal. Sedangkan hasil dari Manajerial Kepala SMP NU Lemahabang Kabupaten Cirebon yang mendukung strategi agresif untuk mendukung meningkatkan mutu sekolah menciptkan strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada yaitu mengefektifkan kegiatan PKB melalui MGMP, KKG, PKG,PKKS dan PPG Sertifikasi Guru untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemui pendidik dalam PBM, memberdayakan pendidik untuk menggunakan teknologi informasi dalam PBM, dan mengefektikan kegiatan pelatihan atau seminar dalam pengembangan profesional pada pendidik. Implementasi dari strategi yang telah diupayakan oleh sekolah ialah pendidik dapat mengajar sesaui dengan materi dan mengaplikasikan dengan alat teknologi dan komputer, pendidik dapat menngunakan metode pembelajaran yang kreatif dan aktif . Evaluasi dari strategi yang dilakukan oleh sekolah dengan menilai hasil pelaksanaan program-program telah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah atau tidak. Kesimpulannya dalam meningkatkan mutu pendidik di SMP NU Lemahabang sudah baik namun program meningkatkan itu masih harus di perbaiki karena hanya diikuti sebagian guru saja belum semuanya. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Kata kunci: strategi, Mutu, dan Pendidik Referensi : Tugiono. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. |
URI: | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1mhoXFhYxyY9XNg92riMRyh8DDc2fcneQ |
Tanggal: | 2022-06-03 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |