MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD SANTA MARIA KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD SANTA MARIA KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Ferry Muhammadsyah Siregar, LC. MA.
dc.contributor.author Faoji
dc.contributor.editor Faoji
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2022-06-16T01:46:42Z
dc.date.available 2022-06-16T01:46:42Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-06-04
dc.identifier 2019.8.1.4.0095
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1oS5Mvk7LsvIYF00-HvNhUhD9WUj-yzpc
dc.description Kata Kunci : Manajemen Sekolah Berbudaya Lingkungan dan Karakter Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Faoji. NIM. 2019.8.1.4.0095. Manajemen Sekolah Berbudaya Lingkungan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SD Santa Maria Kota Cirebon. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia sangatlah besar. Karena permasalahan tersebut, pemerintah membuat peraturan tentang lingkungan hidup dengan menerapkan pendidikan lingkungan hidup di sekolah yang disebut Program Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah berbudaya lingkingnan terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, dalam membentuk karakter peserta didik di SD Santa Maria Kota Cirebon. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun teknik sampling menggunaakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sekolah berbudaya lingkungan di SD Santa Maria Kota Cirebon menetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh. Keempat komponen tersebut adalah : (a) kebijakan berwawasan lingkungan, (b) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (c) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan (d) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, (2) manajemen sekolah berbudaya lingkungan di SD Santa Maria Kota Cirebon meliputi : (a) pada tahap perencanaan pihak sekolah sudah membuat visi misi yang memuat pendidikan lingkungan hidup, (b) pada tahap pengorganisasian disusun struktur organisasi program Adiwiyata secara rinci, meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan dengan melibatkan seluruh warga sekolah, (c) Program Adiwiyata dilaksanakan secara rutin dan proses kegiatan yang berkaitan dengan program Adiwiyata berjalan dengan lancar secara bertahap, dan (d) pengawasan eksternal dilaksanakan secara rutun oleh Kepala Sekolah dan pengawas eksternal dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup, dan (3) Implikasi program Adiwiyata terhadap pembentukan karakter peduli dan berbudaya lingkungan pada siswa menjadi teriasa menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, siswa menjadi lebih terbiasa menjaga lingkungan dan memilah sampah serta bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka ciptakan.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen Sekolah Berbudaya Lingkungan dan Karakter
dc.title MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD SANTA MARIA KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya