MANAJEMEN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH KALIMUKTI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH KALIMUKTI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH KALIMUKTI KABUPATEN CIREBON
Penulis: JAHROTUL WACHIDAH
Abstrak: Jahrotul Wachidah,2019.8.1.2.0091. 2021. “Manajemen Program Full Day School di MI Islamiyah Kalimukti Kabupaten Cirebon”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Sekolah berprogram full day school merupakan sekolah yang menerapkan sistem belajar sehari penuh yaitu memulai kegiatan pada pukul 07.00 sampai pukul 15.00. Dan salah satunya adalah Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kalimukti Kabupaten Cirebon, berdasarkan hal tersebut, maka penulis ingin melakukan penelitian tentang Manajemen program full day school yang berada di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kalimukti ini. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program full day school. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kalimukti metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data yang melibatkan beberapa narasumber yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis data dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan yang terakhir uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Perencanaan pembelajaran di MI Islamiyah Kalimukti ini disesuaikan dengan kurikulum 2013 dari pemerintah, kurikulum lokal, sistem pembelajaran dengan baik seperti guru yang berkompeten pada bidangnya, lingkungan sekitar yang mendukung, mengupayakan penggunaan sarana prasarana yang maksimal, mata pelajaran tambahan yang religius, serta menerapkan program-program yang baik dalam mengoptimalkan waktu full day school (2). Pengorganisasian di MI Islamiyah Kalimukti memiliki struktur organisasi yang dipimpin oleh kepala madrasah dan dibawahi oleh guru-guru yang berada disekolah. Serta adanya komite sebagai wadah apresiasi dari walimurid (3). Pelaksanaan pembelajaran yang ada di MI Islamiyah Kalimukti ini terdiri dari kegiataan pembiasaan, intrakulikuler, kokurikuler, serta ekstrakulikuler, yang mana tidak lepas dari nilai keagamaan. (4). Pengawasan dilakukan secara berskala sehingga dapat mengetahui hambatan dari kelangsungan program full day school. Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kalimukti ini mempunyai kegiatan tambahan sepert BTQ, dan kitab salafi. Kesimpilan dari penelitian program Full day school di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kalimukti menerangkan bahwa dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan sudah dilakukan dengan baik. Kata kunci : Manajemen, Program, Ful- Day, School
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1IWTtnhhQWXi6aZFqCBMDiP_271XMZ3Sk
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/625
Tanggal: 2022-06-03


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya