MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 3 CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 3 CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 3 CIREBON
Penulis: SOFIAN HADI
Abstrak: Sofian Hadi. NIM. 2020.8.1.5.0069 “Manajemen Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di SMA Negeri 3 Cirebon”. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru adalah melaksanakan kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen supervisi klinis kepala sekolah membina kompetensi pedagogik dan profesional guru dengan merujuk teori Achesoon dan Gall yang menyatakan kegiatan supervisi klinis sebagai upaya layanan bantuan profesional kepada guru dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pertemuan awal, observasi kelas dan pertemuan balikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu purposive dan snowball sampling meliputi kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, guru dan pengawas bina. Instrumen yang digunakan diantaranya teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi serta triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, depenabilitas dan konfirmabilitas. Perencanaan awal dilaksanakan melalui kegiatan diskusi antara kepala sekolah dan guru dalam membuat kesepakatan observasi. Pelaksanaan observasi kelas melalui pengamatan proses pembelajaran menggunakan instrumen yang telah disiapkan berdasarkan kesepakatan kepala sekolah dan guru. Pertemuan balikan dilaksanakan melalui diskusi membahas temuan hasil observasi kelas untuk ditindaklanjuti guna meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru melalui kegiatan yang dilaksanakan secara internal dan eksternal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen supervisi klinis kepala sekolah berkonstribusi membina kompetensi pedagogik dan profesional guru.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Manajemen, Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Referensi : Daryanto dan Rachmawati, Tutik. (2015). Supervisi Pembelajaran: Inspeksi Meliputi Controlling, Correcting, Judging, Directing, Demonstration. Gava Media.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=181qKqUnQtqqiB9shgxQlyxNBNSQqsWsB
Tanggal: 2022-06-04


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1655343996532_page0001.jpg 290.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 3 CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya