STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON
Penulis: AMIR HAMZAH
Abstrak: Peningkatan mutu Pendidikan tidak dapat dilepaskan dengan upaya peningkatan mutu peserta didik yang akan berdampak pada mutu lulusannya. Upaya peningkatan mutu Pendidikan tidak akan memenuhi sasaran yang diharapakan tanpa dimulai dengan peningkatan mutu peserta didik atau mutu lulusan. Mutu adalah sebuah perubahan yang memerlukan waktu dalam jangka Panjang. Dalam mewujudkan Pendidikan yang bermutu, memerlukan rencana-rencana strategi. MTs An-Nur Kota Cirebon merupakan madrasah yang menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas mutu siswa atau lulusannya. Focus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs AN-NUR Kota Cirebon? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam melaksanakan program peningkatan mutu lulusan di MTs AN-NUR Kota Cirebon? 3) Bagaimana pengeorganisasian kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs AN-NUR Kota Cirebon? 3) Bagaimana evaluasi strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs AN-NUR Kota Cirebon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan secara induktif, mengarahkan sasaran penelitiannya pada usaha menemukan teori dari dasar, bersifat deskriptif, lebih mementingkan proses daripada hasil, keabsahan data, rancangan penelitiannya disepakati oleh kedua belah pihak: peneliti dan subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Perumusan strategi terdiri dari analisis internal maupun eksternal sehingga menghasilkan strategi yang akan digunakan. (2) Pelaksanaan Strategi terdiri dari: pembentukan struktur organisasi sekolah/madrasah, peningkatan kompetensi guru, peningkatan prestasi siswa, pembaharuan pengurus komite sekolah, membangun jaringan, dan harmonisasi dengan masyarakat (3) Evaluasi strategi kepala sekolah meliputi tahapan-tahapan kepala sekolah melakukan evaluasi dari program-program yang telah dilaksanakan. Kesimpulan yang diperoleh adalah kepala madrasah menganalisis lingkungan internal dan eksternal madrasah, melakukan koordinasi dengan wakil kepala masing-masing bidang untuk merumuskan program-program madrasah, Menyusun strategi untuk meningkatkan mutu lulusan, serta dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs An-Nur Kota Cirebon diawali dengan komitmen kepala madrasah untuk meningkatkan mutu lulusan, diikuti dengan pembenahan struktur organisasi madrasah dan majelis madrasah, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, pemenuhan sarana prasarana, membangun jaringan, membuat program layanan prima dan berkolaborasi dengan pesantren jagasatru, dan memperbaiki hubungan kemasyarakatan baik lulusan, pejabat, pegawai serta elemen masyarakat yang bisa memajukan madrasah.
Deskripsi: Kata Kunci : Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Lulusan Referensi : Akdon. (2006). Strategic Manajemen for Educational Management ; Manajemen Strategis Untuk Manajemen Pendididkan. alfabeta.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=15RT48U4bS57BMmFzc3tvI8O12tT-cCid
Tanggal: 2022-06-04


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1655343993782_cover tesis.jpg 92.14Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS AN-NUR KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya