Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Banjar Wangunan Kec. Mundu Kab. Cirebon
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
Sulkhah, M.Pd |
|
dc.contributor.advisor |
Dr. Agus Prayitno, M.Pd. |
|
dc.contributor.author |
SANTI TRISNAWATI |
|
dc.contributor.editor |
SANTI TRISNAWATI |
|
dc.contributor.other |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
dc.contributor.other |
Dra.Hj. Lina Marliani,MA |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T13:06:57Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T13:06:57Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-04-29 |
|
dc.identifier |
2014.2.2.00102 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJJxGgQlC%2FCzpPPiH2EZkJRD8VmEvcgsLUfUxhExC1NBcB%2FknjF5JlsacVS52voqpgoMhvP8YPqxZb5sChphEKBA7%2FaZyoI5T%2FRde1eLnZZ0Bc55DdHcQtxocxuRq%2F%2FoA7LTqeBYfViHdrdHIVgPWyXsws8sBncNTM%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
model pembelajaran mind maping terhadap hasil belajar siswa
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya beberapa model dan strategi pembelajaran yang berbasis kelompok telah di uji cobakan, namun hasilnya masih kurang memuaskan. Siswa masih banyak yang pasif dan masih banyak yang malu bertanya ketika pembelajaran sedang berlangsung dan hanya mengandalkan temannya ketika diadakan diskusi di kelas, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penilitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping peningkat prestasi siswa kelas V SD 1 BANJARWANGUNAN kecamatan mundu kabupaten Cirebon. Penilitian ini,Memperoleh data tentang seberapa baik hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V di SDN 1 Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon,Memperoleh data tentang seberapa kuat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V di SDN 1 Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 1 Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon yang berjumlah 100 siswa dan sampel yang diambil 10% dari populasi sebanyak 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling rendom. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping dan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi PPM mengingat data berdistribusi normal, dan berpola linier. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa hasil angket model pembelajaran mind mapping yaitu sebesar 85,05% artinya baik. Rata-rata Hasil belajar siswa sebesar 84,04% artinya baik. Hasil uji korelasi PPM dengan nilai r sebesar 0,194 tergolong rendah. Perhitungan koefisien determinan variabel pengaruh model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh variabel hasil belajar siswa 3,61%, sisanya yakni 96,49% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil uji hipotesis yaitu thitung 0,948 d ttabel 2,029, maka Ho diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada mata Pelajaran IPS di SDN 1 Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh positif dan signifikan dari variabel X terhadap variabel Y. |
|
dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
dc.subject |
model pembelajaran mind maping terhadap hasil belajar siswa |
|
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Banjar Wangunan Kec. Mundu Kab. Cirebon |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana