Efektivitas Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon
Penulis: ELIN PUJIASTUTI
Abstrak: Penelitian dilakukan di TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon dengan menjadi objek peneliti adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dan jumlah pendidik 3 serta 1 kepala sekolah. Penelitian di TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon dilakukan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A pada tahun ajaran 2017/2018 dengan aspek pengembangan bahasa untuk membaca huruf dan suku kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian tes untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan sebelum menggunakan media kartu huruf bergambar (X1) dan sesudah menggunakan media kartu huruf bergambar (X2). Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil seluruh anak kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Tahun Ajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 12 anak. Data kemampuan dianalisis menggunakan teknik analisis data dari seluruh kegiatan menganalisis dan menarik kesimpulan dari semua data yang terkumpul menggunakan lembar penilaiam tes diperoleh dari hasil checklist yang dilihat dari rubrik yang telah dibuat peneliti untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan anak sebelum menggunakan media kartu huruf bergambar masih belum berkembang, rata-rata nilai yang diperoleh anak adalah 31,25%, sedangkan setelah menggunakan media kartu huruf bergambar rata-rata nilai yang diperoleh anak adalah 92,92%. Perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung (56.07) > ttabel (2.20), yang selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan ketentuan, jika thitung e ttabel, maka H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan membaca permulaan kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang antara sebelum dan sesudah menggunakan media kartu huruf bergambar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media kartu huruf bergambar lebih efektif.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Media, Kartu Huruf Bergambar, Membaca Permulaan Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdIqtdq99yUu9GraOl9NkhGr7UEM%2BIvNPgehYroR7xacIqI7kJWP8FX3FMjyHODAECmL%2Bbjb5DtmZRNabqCR2cLba7NOViNor9fNf7xZ99n%2BUg4UsWQWdyLZH0IToer%2B2Ot%2BDBywqCAoVCJTWPPjHW9FzcDm9LWBykw%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274414650_Ef.pdf 591.3Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274415184_KATA PENGANTAR ELIN-1.jpg 147.6Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Putera Beringin BCA Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya