Efektivitas Permainan Kartu Kembar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B di RA AL-Fatih Desa Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Permainan Kartu Kembar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B di RA AL-Fatih Desa Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
SITI ZUNDAH
|
Abstrak:
|
SITI ZUNDAH. NIM. 2014.3.2.00200 EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU KEMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL-FATIH DESA DAMARGUNA KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas permainan kartu kembar terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B dengan jumlah responden 20 orang dengan rincian 10 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. di RA Al-Fatih Desa Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal keaksaraan awal yang dalam hal ini membaca permulaan seperti anak masih bingung ketika membaca suku kata, kata dan mencocokkan kata dengan gambar. Hal ini diduga karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan membaca.permulaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas permainan kartu kembar terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di RA Al-Fatih Desa Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif One Group Pretest Postest Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpul data tentang efektivitas permainan Kartu Kembar (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan membaca permulaan. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah perlakuan permainan Kartu Kembar. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (42,33) e (2,09) ttabel dengan taraf signifikansi 5% yang berarti pernyataan H0 ditolak, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Penerapan permainan kartu kembar diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi peserta didik di sekolah. Dengan permainan kartu kembar ini diharapkan akan mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat RA terutama dalam perkembangan bahasa. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata Kunci : Kartu Kembar, membaca permulaan, efektivitas
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQOSL0MgXV5oLeMScUc9Ny4iRozo72foIc%2FzSd5O6kdu3dqXB43JCDEjrCwxdoJXholbld0YRSBhB0hBCXFuJZQ1GD5fesXgUWi3qKxKMYRbpNQe3GwGaSS3gIAk6YjwrMd9r4ONC8Mi2kOShfMNMfQCOoHFWuDGNOg%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap