EFEKTIVITAS BERMAIN KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH CILEDUG

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS BERMAIN KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH CILEDUG

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS BERMAIN KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH CILEDUG
Penulis: ROHAETI
Abstrak: ROHAETI (2018). Efektivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Al-Irsyad Al Islamiyah Ciledug. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan membaca pada anak. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih didominasi oleh guru yang hanya menyampaikan materi tanpa menggunakan media pembelajaran yang tepat sehingga anak kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Seperti yang terjadi pada anak kelompok B TK Al Irsyad Al-Islamiyah Ciledug, dari jumlah seluruhnya 11 anak, terdapat 3 anak yang memperoleh kriteria Baik (B) dalam kegiatan membaca, kategori yang cukup (C) terdapat 2 anak dan kategori Kurang (K) terdapat 6 anak. Meningkatkan kemampuan anak dalam membaca perlu dilakukan dengan menerapkan media kartu huruf dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan mampu memudahkan dan meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Desain penelitian merupakan rancangan bagaimana penelitian dilaksanakan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group media kartu huruf dengan bentuk one-goup, pre-test dan post-test. Desain ini digunakan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa dalam kegiatan membaca anak setelah diterapkan media kartu huruf.Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyah adalah sebanyak 11 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data observasi awal diketahui bahwa dari jumlah seluruhnya 11 anak, terdapat 3 anak yang memperoleh kriteria Baik (B) dalam kegiatan membaca, kategori yang cukup (C) terdapat 2 anak dan kategori Kurang (K) terdapat 6 anak. Dengan demikian kemampuan membaca yang dimiliki anak kelompok B TK Al Irsyad Al-Islamiyah Ciledug masih rendah. Namun setelah dilakukan penelitian guna meningkatkan kemampuan membaca pada anak melalui media kartu huruf bergambar kemampuan anak semakin meningkat. Analisis data dengan kriteria skor ideal dihasilkan bahwa kemampuan membaca anak kelompok B TK AL-Irsyad Al-Islamiyah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan media kartu huruf yang didapatkan dengan memberikan tes berupa multiple choice terhadap 11 peserta didik, memiliki rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebesar 88,73 dan memiliki 100% responden berkategori baik. Maka, dapat disimppulkan bahwa kemampuan membaca anak kelompok B TK Al-Irsyad Al-Islamiyah dalam kategori baik.
Deskripsi: Kata Kunci : kartu Huruf, Kemampuan Membaca Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmL9tD4GbH%2F%2F5POyZA2n32%2B0LjWRfpdhoANVU3CPeM6bOJmq1xfqq5ouds39YpT2FybE6%2BeVENyCC0IU3wpGmfIBtixZkK8YLbNaAf%2BS8eSTup3vIyKaV%2BsB3wwUG5Zfq52ntoPQ8S6DYSN28AmUy6oy5v301k9ccM%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274392116_ilovepdf_merged (1).pdf 2.084Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274394649_cover-001.jpg 188.3Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS BERMAIN KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK AL-IRSYAD AL ISLAMIYAH CILEDUG

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya