EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 CANGKRING KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 CANGKRING KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
RIYA PURNAMASARI
|
Abstrak:
|
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 CANGKRING KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON
Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan prilaku yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan dan cara menddik. Begitu juga pendidikan yang ada di SD Negeri 2 Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, permasalahan yang ada pada sekolah tersebut yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan masih terpaku pada metode ceramah, sehingga siswa merasa jenuh karena kondisi didalam kelas didominasi oleh guru yang lebih aktif dibandingkan siswa (2) siswa belum memahami bahwa materi yang diajarkan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (3) siswa kesulitan menjawab ketika guru memberikan pertanyaan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 2 Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.
Kegiatan penelitian ini memfokuskan pada metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 2 Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Metode demonstrasi menekankan pada pemberdayaan siswa sehingga hasil belajar bukan hanya sebatas pada pengalaman nilai, melainkan lebih pada penghayatan dan pendekatan nilai-nilai dalam kehidupan nyata sehingga pengetahuan siswa bersifat permanen. Metode pembelajaran demonstrasi dapat melatih siswa untuk mengkaitkan antara materi dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian pendekatan kuantitatif adalah suatu penelitian yang secara primer. Seperti pemikiran tentang sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis, dan observasi serta pengujian teori. Dengan menggunakan strategi penelitian eksperimen dan survai yang memerlukan data statistik.
Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh angka sedangkan dapat disimpulkan bahwa e 16,102 e 1,999 sehingga Ho ditolak artinya signifikan.
Berdasarkan hipotesis diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran PAI dikelas IV SD Negeri 2 Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Hasil Belajar |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcm0fKN7YLjTS0%2Fv0g7MlZmWBlmW2ymjtH96yrSpl%2FzkZjfcbJGvkdxvJaXJ569I2M6eoB32escaxWZtHkWE%2Be1Dzc2sIDKSHghYZjuu00RzpqMzjYrKdrnpVHvwDVsBg9Xt24shotZ%2BpJa1Q7gCZ39Bwn5oYNZ99UE%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap