Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMK Manba'ul 'Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMK Manba'ul 'Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
SITI MUNAWAROH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK SITI MUNAWAROH. NIM. 2014.17.01960 PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASILBELAJAR SISWA KELAS XI SMK MANBA’UL ‘ULUM SINDANGJAWAKABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Manba’ul ‘Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon tahun 2017/2018. Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan prilaku yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan dan cara mendidik. Begitu juga pendidikan yang ada di SMK Manba’ul ‘Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon, permasalahan yang ada pada sekolahan tersebut yaitu (1) pembelajaran yang dilakukan masih terpaku pada metode konvensional, (2) siswa belum memahami bahwa materi yang diajarkan berkaitan dengan dunia nyata atau kehidupan sehari-hari . Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan persepsi responden, penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMK Manba’ul ‘Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon.2) untuk mendeskripsikan seberapa tinggi hasil belajar menggunakan pendekatan CTL pada mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMK Manba’ul ‘Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon, dan 3) untuk mendeskripsikan seberapa kuat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX SMK Manba’ul ‘Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan angket dan tes tulis. Adapun dalam menganalisis datanya, penulis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran PAI di kelas XI SMK Manba’ul Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon adalah “sangat baik” (87%). Begitu pula dengan hasil belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi” (86%) . Dengan demikian pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki korelasi yang “sangat tinggi” (r_xy = 0.87) terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 76% dan t-hitung sebesar 8.46. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 8.46 > 2.07. Dengan demikian, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan akhir dari analis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan pendekatan Contextal Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI di kelas XI SMK Manba’ul Ulum Sindangjawa Kabupaten Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pendekatan CTL, Hasil Belajar, Pengaruh
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl2gX9LNdBlBIb9QQ4LF4BP5WATLp%2BAKen22JjCN%2FrT5%2FaUDaqU6SjlSDZfIyRUKvdF0ll6nB2UeD3ehxrp40JOhGSEEeAY1m4%2BjVeMP8cW8HWRvWqjXE%2BN0PmTLTBURy2uA4ogaauSXlN5fPlA0e905gStOYJKTmc%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap