EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
TEMAN SEJAWAT (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN
HADITS SISWA KELAS VII DI MTs N
KARANGKENDAL CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
TEMAN SEJAWAT (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN
HADITS SISWA KELAS VII DI MTs N
KARANGKENDAL CIREBON |
Penulis:
|
ROBIYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK ROBIYAH. NIM. 2013.16.01708 : EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEMAN SEJAWAT (PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA KELAS VII DI MTs N KARANGKENDAL CIREBON. Proses pembelajaran merupakan penentu kualitas hasil belajar siswa. Salah satu persoalan yang sering terjadi dalam proses tersebut, cara mengajar guru yang diterapakan kurang kreatif dan inovatif. Khususnya pembelajaran Al-Quran Hadits. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Al-Quran Hadits kelas VII masih rendah, karena proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru, sehingga proses komunikasinya hanya satu arah. Hal tersebut mengakibatkan keterampilan siswa cenderung diam dan siswa kurang aktif dalam belajar, dalam permasalahan tersebut guru memerlukan suatu metode yang pembelajaran yang memberi kesempatan pada siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Maka untuk meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits pada siswa peneliti mencoba mengganti pembelajaran konvensional dengan metode pembelajaran teman sejawat (peer tutoring). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas VII MTs N Karangkendal Cirebon yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional, dan untuk mendiskripsikan bagaimana hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas VII MTs N Karangkendal Cirebon yang pembelajarannya menggunakan metode teman sejawat (peer tutoring). Penerapan metode teman sejawat ini (peer tutoring) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Dimana metode ini membutuhkan bantuan siswa yang kompeten atau siswa yang pandai tuk dijadikan sebagai tutor tugas tutor mengajari siswa yang lain bahkan siswa yang kurang pandai. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, adapun jenis penelitiannya kuantitatif, model analisis yang digunakan berbentuk komparatif. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII MTs. Sampel yang digunakan sampel purposive, dan data yang diambil sebanyak 39 responden yang bagi menjadi dua kelompok. Berdasarkan analisis data, pada uji normalitas data kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan tingkat kepercayaan 0,05, maka diketahui x^2 hitung e x^2 tabel artinya semua data pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berdistribusi tidak normal, dilanjutkan dengan uji homogenitas data dengan tingkat kepercayaan 0,05, maka diketahui F_(hitung )d F_tabel artinya data homogen. Karena salah satu uji prasyarat tidak memenuhi maka dilakuakan uji non parametrik yaitu uji mann-whitney U-test yang diketahui U_hitung U_tabel diketahui (U_hitung= 83 U_tabel=107), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yakni data signifikan. Berdasarkan diatas bahwa peneraoan metode pembelajaran teman sejawat (peer tutoring) dapat meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
teman sejawat, meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2Vjb8qS%2Bw95NrwyogcRsjTixFegV%2BWfVOmGRMVl55UOOz%2FBSZf%2F3%2FO6jikBV3qt1e6x0BD5Ud8F1NNOHqvx7G4%2FPFCak3zl0u%2Fq7YQJOcVYep0bKgW%2FeADqm6cXRwMPOou5PN7tmphOJ3OleYjSrcZ5DSIVsAM6H6c%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap