EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD ISLAM AR-RAHMAT WERAGATI MAJALENGKA

Publikasi Unusia

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD ISLAM AR-RAHMAT WERAGATI MAJALENGKA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD ISLAM AR-RAHMAT WERAGATI MAJALENGKA
Penulis: IIS IHSANI
Abstrak: ABSTRAK IIS IHSANI. NIM. 2014.2.2.00071 EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD ISLAM AR-RAHMAT WERAGATI MAJALENGKA Skripsi ini membahas efektivitas pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SDI Ar-Rahmat Weragati Majalengka tahun pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, maka setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa dengan mengunakan Pembelajaran CTL dan yang tidak mengunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran matematika kelas III di SD Islam Ar-Rahmat Weragati tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes untuk mendapatkan perbedaan antara yang menggunakan dengan yang tidak pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas III di SDI Ar-Rahmat tahun pelajaran 2017/2018 sebagai sampel dengan jumlah subyek 33 orang. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui hasil belajar siswa diambil dari nilai pre-test dan post-test. Selanjutnya, didapatkan hasil dari perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test yaitu pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas III di SD Islam Ar-Rahmat Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Pembelajaran CTL ini, diharapkan dapat mengubah cara belajar siswa dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya di SDI Ar-Rahmat Majalengka, terutama dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi belajar sebagai salah satu penunjang hasil belajar siswa.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2VGyH3kGTAIkUxKjlSul6l%2BtxyE4dTxJegeIkN7%2BA91UV5ewMbU6KHF6BMNj92fqyrFnHWCfKiUejas502xWNXP9KAbUo37goj0xrc%2FA9hBhzw2qsUDN%2F1CrHQh7o%2F6nKJpW3ixojNqMZPGANDH1w1vgZwiU6yX%2BTI%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274362235_S ... PGMI-A 2014.compressed.pdf 2.043Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274365468_COVER IIS.jpg 195.6Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD ISLAM AR-RAHMAT WERAGATI MAJALENGKA

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya