EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KETERCAPAIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII A DI MTs ALAFIYAH KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KETERCAPAIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII A DI MTs ALAFIYAH KOTA CIREBON |
Penulis:
|
YULIANA
|
Abstrak:
|
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dilatar belakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran Akidah Ahlak
padahal mata pelajaran Akidah Ahlak sangat berpengaruh besar dalam membentuk
karakter peserta didik.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana hasil belajar peserta
didik saat menggunakan pembelajaran metode diskusi, dan mendeskripsikan
bagaimana perbedaan hasil belajar Akidah Ahlak ketika tidak menggunakan
metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , metode eksperimen
dan menggunakan analisis inferensial, populasi yang ditetapkan dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa. Terbagi 3 kelas.
Sampel diambil dari 1 kelas dari 3 kelas yang ada dengan cara ditunjukan langsung
dan dipilih kelas VIII A kelompok sebelum dan sesudah metode diskusi dengan
jumlah siswa 18 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data pada pengujian hipotesis nol, dilakukan
pengujian dengan perhitungan thitung. Dari hasil perhitungan thitung = 3,460
Kemudian ttabel = 1,692 Berdasarkan data tersebut, maka thitung > ttabel yakni
3,460 > 1,692. maka Ho ditolak artinya signifikan, yang artinya ada perbedaan antara
variabel X dan Y . dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran
Akidah Ahlak kelas VIII A yang menggunakan dan tidak menggunakan metode
diskusi di MTs Salafiyah Kota Cirebon.
Penerapan metode diskusi diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi
siswa disekolah, metode diskusi ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar
dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi
bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya
di MTS Salafiyah Kota Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa
untuk senantiasa meningkatkan hasil belajar secara lebih optimal. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektivitas , Metode Diskusi , Ketercapaian Belajar, Akidah Akhlak
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR7EGCf0ar7szw2%2BnNXjFaNJ48uaK4AkwCisWfu9qkwhdeWLiD6Zfldiecl77w33rwEb1JACvu%2F6ymdpdmI8IKZ4PsZymAf2TMC115p4a0ambaGcz4koFCeNoVFNz%2B2Nld4mVFtUCX2Rfvfl2svsky8KoXex15yRCuE%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap