Efektivitas Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon |
Penulis:
|
IMAM SAFRUDIN
|
Abstrak:
|
ABSTRAK IMAM SAFRUDIN. NIM. 2014.17.01904 EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar, suasana menjadi kaku dan monoton. Sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingak efektivitas penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-experimental Desaigns. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi untuk mengetahui kondisi awal subyek yang diteliti, pretest dan posttest untuk mendapatkan data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerepan metode inkuiri, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018 sebelum menggunakan metode inkuiri yaitu didapat rata-rata nilai sebesar 66,4 dengan Interpretasi hasil belajar menunjukkan kategori baik. Dan setelah menggunakan metode inkuiri siswa kelas VIII MTs Madinatunnajah Kota Cirebon mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80 dengan Interpetasi hasil belajar menunjukkan kategori sedang. Dari hasil tersebut, tingkat efektivitas penerapan metode inkuiri yaitu signifikan dengan peningkatan yang tergolong sedang. Karena thitung (82,4) e ttabel (2,042), maka tolak Ho, yang artinya penerapan metode inkuiri efektiv dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. Penerapan metode inkuiri diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan metode inkuiri ini, diharapkan siswa merubah cara belajarnya dari belajar pasif menjadi aktif. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Penerapan Metode Inkuiri, Hasil Belajar Siswa,
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR71C4AcZZ4PcFz1%2FbWnk9hzlSP7Ru0WzmNilSObWKFM7nb5JUWMJSnUdg%2F7rcxdP%2Bje0yQlXDlgL26zBK24G217egoy%2Fmz18qL2DaJTpE9a%2BFyLyviwYfUtugeyIOk9j4fsjVviIEAzcIjL1itcEAT8XK0QpYUC7QM%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap