PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
MISRANI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK
MISRANI. NIM. 2014.17.01927 PENGARUH MODEL COOPERATIVE LERANING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 PLERAD KABUPATEN CIREBON
Skripsi ini membahas pengaruh pelaksanaan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 3 Plered kabuparen cirebon tahun 2017/2018. Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan prilaku yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dalam kelompok, proses perbuatan dan cara mendidik. Begitujuga pendidikan yang ada di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon, permasalahan yang ada pada sekolahan tersebut yaitu diawali dengan hasil belajar siswa rendah, dalam prorses belajar kurang bervariasi sehingga sekolah merasa sangat tertuntut untuk menciptakan suasana belajar yang baru, yaitu dengan menerapkan sebuah model cooperative learning yang hurusnya untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumen. Adapun dalam menganalisis datanya, penulis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM).
Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon adalah “sangat baik” 92,8%). Begitu pula dengan hasil belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi” (79,25%) . Dengan demikian model cooperative learning memiliki korelasi yang “positif” (r_xy = 0.323) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI,. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa t-hitung lebih rendah dari t-tabel yaitu 0,66 < 1,676. Dengan demikian, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha ditolak dan Ho diterima. Kesimpulan akhir dari analis penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR
Referensi : |
URI:
|
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/560
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
1652274312921_COPER.docx
|
101.2Kb |
application/octet-stream |
Lihat / Buka
|
Cover Skripsi/Thesis PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON |
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap