PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AL QURAN HADIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AL QURAN HADIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU |
Penulis:
|
MUHAMMAD YUNUS
|
Abstrak:
|
vii ABSTRAK MUHAAMMAD YUNUS. NIM. 2014.17.01932 PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Al QURAN HADIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Al Qur’an Hadis siswa kelas VIII Di MTS Al Ikhlas Setupatok Mundu. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi ajar yang diterimanya, namun pada kenyataanya mereka tidak memahaminya. Sebagian besar dari peserta didik tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimaana poengetahuan tersebut dipergunakan/dimanfaatkan. Peserta didik memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik, mereka biasa diajarkan yaitu dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah. Padahal mereka sangat butuh untuk dapat memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat kerja dan masyarakat pada umumnya mereka akan hidup dan bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Quantum Learning terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadis siswa kelas VIII di MTS Al Ikhlas Setupatok Mundu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner angket untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan model Quantum Learning (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 60 responden yang telah dihitung menggunakan rumus slovin. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu uji normalitas data kedua variabel, uji regresi linearitas kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM) untuk memgetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Quantum Learning terhadap haasil belajar siswa. Hasil dari perhitungan statistik dengan menggunakan uji korelasi PPM, diketahui terdapat korelasi yang positif sebesar 2,670 antara pelaksanaan Model Quantum Learning (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukan oleh perolehaan thitung sebesar 2,670 dan ttabel sebesar 2,002 pada taraf signifikasi 5%, artinya dapat disimpulkan thitung (2,670) > ttabel (2,002) maka tolak Ho artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Penerapan Model Quantum Learning diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi siswa dan sekolah. Model Quantum Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, daya ingat siswa, meningkatkan rasa kebersamaan siswa, meningkatkan daya dengar dan dapat menghaluskan perilaku siswa serta mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut dipergunakan. Kata Kunci : Model Quantum Learning, Pengaruh, Hasil Belajar |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
"
PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AL QURAN HADIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU
"
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=4tlV9%2B6uT%2B4Ue23ppwUP7q%2FfMcKxP7TwrCY9KqncM1WjR7e%2B6lUgqyCObHY6pkMZIWU4AxTSQWlChGI4%2BNuRCRQ5ELruxGMRcg0hJTe1wStDUErE2oxGMkpvpKm0LjhQENMFTOCr6r31O5%2B61Ulsjo8VQ45RbAEYgIWEwLv3KHQ%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap