EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PABP SISWA KELAS XI PERBANKAN SYARIAH SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PABP SISWA KELAS XI PERBANKAN SYARIAH SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PABP SISWA KELAS XI PERBANKAN SYARIAH SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON
Penulis: ROMLAH
Abstrak: ABSTRAK ROMLAH. NIM: 2014.17.01948: “EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PABP SISWA KELAS XI PERBANKAN SYARIAH SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON”. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya pemahaman pada materi pembelajaran, yang menyebabkan hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Kurangnya respon siswa terhadap materi yang disampaikan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung serta kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki sejauh mana keefektivan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas X Perbankan Syariah (PBS) di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP). Model pembelajaran (NHT) adalah model pembelajaran yang lebih mengutamakan keaktifan siswa dalam mencari mengelola dan melaporkan informasi dari berbagai sumber kemudian dipresentasikan didepan kelas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Al-Hidayah Cirebon berjumlah 267 siswa yang terbagi dalam 11 kelas. Sampel diambil dua kelas dari 11 kelas, kelas yang diteliti adalah kelas X Teknik kendaraan Ringan (TKR) I berjumlah 36 dan kelas X Perbankan Syariah (PBS) berjumlah 36 dengan jumlah siswa keseluruhan 72 siswa. Berdasarkan hasil uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas didapat data penelitian berdistribusi normal. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran NHT sebesar 72,22 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran NHT sebesar 63,89 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas kontrol. Kata kunci: Efektivitas, Numbered Heads Together dan hasil belajar
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Numbered Heads Together dan hasil belajar Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=uylFbnXkPvsMk2lWuiSgJ0K5GzvHV%2FEJrpa0DStcD8ji7Tibq4fYoQaaoP2WSU7AVgRq9ShkTfetLBbbWR8gqo2yM03YQt3PepBLa1vQZfaY60zOBLSidE%2BzlQVOTVPUIyl3maI7unohG90Kvox8nbYWTnysqVMtFpulnzNETtE%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274290813_S ... ROMLAH 20141701948-min.pdf 2.085Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274291702_COVER SKRIPSI 2018-1.jpg 151.9Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PABP SISWA KELAS XI PERBANKAN SYARIAH SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya