KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS Ali ‘Imran: 164)

Publikasi Unusia

KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS Ali ‘Imran: 164)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS Ali ‘Imran: 164)
Penulis: GHINA FATIN AINI
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang konsep pendidik dalam Al-qur’an perspektif tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali ‘imran: 164. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pendidik merupakan subjek pendidikan dan alat pendidikan, karena fungsi pendidik bukan hanya menyampaikan materi pelajaran melainkan membimbing anak didik, dan membentuk watak serta sikap anak didik dalam berperilaku. Pendidik juga merupakan alat peraga yang hidup, karena perilaku pendidik atau akhlaknya akan dilihat dan ditiru oleh anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang Konsep Pendidik dalam Al-Qur’an perspektif tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali ‘Imran: 164. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalaui studi kepustakaan (library research) yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Hal ini dilakukan karena sumber-sumber data yang digunakan adalah berupa data literatur. Adapun teknis analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis isi (content analysis), metode maudhu’i. Hasil penelitian yang ditemukan Al-Qur’an perspektif tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali ‘imran: 164 adalah tentang konsep pendidik.Pertama, Rasulullah SAW adalah pendidik dan suri tauladan bagi umatnya. Kedua, Aktivitas Rasulullah pada zaman dahulu dapat digambarkan sebagai seorang pendidik, sedangkan umat atau sahabat-sahabatnya sebagai peserta didik sebagaimana Rasulullah membacakan ayat-ayat yang diturunkan Allah. Ketiga, Allah mengutus Rasul untuk menyucikan mereka, dengan menyucikan ruh mereka dari kotoran syirik, noda-noda jahiliyah. Keempat, Bahwasannya Bangsa Arab pada waktu itu tidak berpengetahuan sama sekali, masih dalam keadaan tersesat. Dengan datangnya Islam, Rasulullah mengajarkan kepada umat yaitu Al-Kitab dan Al-Hikmah. Tugas seorang guru tidak hanya mengajar (transfer of knowledge), tetapi juga harus mampu menanamkan nilai-nilai dasar guna membangun karakter atau akhlak pada murid dan menjadikan Al-qur’an sebagai pedoman dan dasar pendidikannya.
Deskripsi: Kata Kunci : Pendidik, QS. Al-Baqarah 151 dan QS. Ali ‘Imran 164. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avNt6XXe4e3lWgQ%2FoTGbAVl3UvXNoKnsunLwt6c0DturOVKsR2tWoQCx%2FA0wnOil44ky24IJE5QTGjOPPLn5E8zEaG2Hi%2F11gQoYXQ0hLXcuxfAwIrlrUAVw1EFRX7mE7l4xGSHe2Zkq1psTAto4gIsj%2BplQwlF8iZ4%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274270497_Skripsi Ghina Fatin Aini.pdf 2.155Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274273377_Skripsi-Ghina-Fatin-Aini-001.jpg 169.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS Ali ‘Imran: 164)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya