PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU AKHLAK SISWA DI SEKOLAH SMK ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU AKHLAK SISWA DI SEKOLAH SMK ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU AKHLAK SISWA DI SEKOLAH SMK ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON
Penulis: WIDYARTI KUSUMA DEWI
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku akhlak siswa di sekolah SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam masyarakat memperlihatkan bahwa secara umum pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah sekarang ini belum memuaskan banyak pihak, dan bahkan dinilai gagal karena Pendidikan Agama Islam dinilai masih terkesan berorientasi pada pengajaran agama yang bersifat hafalan dan kurang berorientasi pada aspek pengamalan ajaran agama. Akibatnya perilaku siswa banyak yang menyimpang dari akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku akhlak siswa di sekolah SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, karena mengambil sebagian siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 75 responden. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi atau prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X ( kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam) dan variabel Y( perilaku akhlak siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut di olah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini. Peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi pengaruh antara kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku akhlak siswa di sekolah SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon antara variabel X terhadap Variabel Y adalah menghasilkan sebesar 0,59 yang berarti kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di kategorikan sedang. Pada taraf signifikansi 0,05, nilai thitung (6,301) sedangkan nilai ttabel (1,666). Dengan demikian nilai thitung (6,301) e ttabel (1,666), artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X (Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (Perilaku Akhlak Siswa di Sekolah SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon). Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khusus nya di SMK Islamic Centre Kabupaten Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran secara lebih memadai.
Deskripsi: Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Perilaku Akhlak Siswa Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avNGwlY3QnSHCyMP87q4bteoGjLLjma0HgozV6cUhvHHCPO6ZzocXUmQQGC%2B7MjKYfxl%2FsEmfSSa6Sxz5IMv3TjhwiqguQo41nfwo%2BM3yq6OZBAZhmso%2BHTreZtfguJxrvsXRa325909tA4d658N1AImSUxJf3cNRaU%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274269042_S ... wi-ilovepdf-compressed.pdf 1012.Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya